Beragam Manfaat Kesehatan Dibalik Nikmatnya Keju

July 06, 2020 | Helmi

keju

Sebagian besar dari Anda pasti menyukai keju. Makanan yang berasal dari olahan susu fermentasi ini bisa dimakan sebagai camilan atau tambahan untuk jenis makanan lainnya. Pertanyaannya, apakah mengonsumsi keju memiliki manfaat kesehatan?

Penasaran, manfaat apa saja yang diberikan keju bagi tubuh Anda? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi nikmatnya keju.

Keju kaya akan kalsium, magnesium, vitamin dan protein, semuanya mendukung tulang yang kuat sambil mencegah terjadinya osteoporosis dan masalah kesehatan tulang lainnya.

Protein di dalamnya, membantu memperkuat otot-otot Anda, sementara magnesium membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, mempertahankan fungsi otot dan saraf, serta mempertahankan ritme jantung yang normal.

Kandungan kalsium dalam keju membantu melindungi gigi Anda dari kerusakan dengan meningkatkan kadar fosfat di mulut. Fosfat sendiri juga membantu memperkuat tulang Anda.

Keju memiliki asam linoleat terkonjugasi yang tidak hanya dapat melindungi Anda dari kanker, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus meningkatkan massa tubuh tanpa lemak.

YesDok Ads

Untuk ibu menyusui, keju dapat menebus kekurangan kalsium selama menyusui. Keju cheddar dan jenis keju lainnya kaya akan selenium, yang dapat membantu mencegah virus berkembang dan mengurangi risiko kanker tiroid.

Selain itu, mineral penting ini adalah antioksidan penting, melindungi sel dari efek radikal bebas yang merusak kulit dan kekebalan.

Salah satu jenis keju, keju Camembert, dapat membantu mengurangi tingkat sitokin inflamasi, yang berpotensi meningkatkan kesehatan otak. Keju berbahan dasar susu sapi Prancis ini lembab dan lembut, mirip dengan keju Brie.

Varian keju rendah sodium dapat menjaga kadar tekanan darah Anda, menjadikannya ideal jika Anda menderita hipertensi.

(Foto: cultures for health)

YesDok Ads