0 Point
Temulawak

Beragam Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Temulawak

Pandemi Covid-19 yang belum berhenti dan belum ada pengobatan yang pasti, membuat masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

Banyak cara untuk menambah imunitas, mulai dari konsumsi makanan bergizi, hindari stres, jauhi rokok, olahraga hingga konsumsi herbal. 

Dari sekian banyak tanaman herbal, salah satu yang paling dikenal adalah temulawak. Tanaman tersebut biasa disebut sebagai pelindung hati atau hepatoprotektor. 

Bagian tanaman yang digunakan biasanya adalah rimpang atau batang yang menjalar ke bawah tanah. Rimpang temulawak mengandung kurkumin, xanthorizol, dan minyak atsiri. 

Selain mencegah penyakit hati, rebusan rimpang temulawak dapat meningkatkan empedu, sekaligus menurunkan kolesterol dan trigliserida. 

Bagi Anda yang suka meminum kopi dan mengonsumsi gorengan, para ahli menyarankan temulawak untuk menyeimbangkan fungsi hati. Selain itu, temulawak dipercaya dapat meredakan nyeri sendi, antiperadangan, obat pencahar, membersihkan darah, meningkatkan nafsu makan, hingga melancarkan produksi ASI. 

Kandungan lainnya, temulawak memiliki sifat imunostimulasi, anti radang, meredakan batuk dan gangguan pencernaan hingga aman untuk pemakaian jangka panjang.

Temulawak juga bisa menanggulangi stres, stres dalam bentuk fisik seperti terlalu lelah bekerja, hingga ada stres lain dari lingkungan kita. 

(Foto : lyfebotanical)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok