Beragam Manfaat dari Segarnya Jus Wortel

January 02, 2021 | Helmi

jus wortel

Jus wortel menjadi salah satu cara lain menikmati manfaat yang ada dalam wortel. Ini tidak hanya menyediakan kalium dan vitamin C tetapi juga sangat kaya akan provitamin A.

Minum jus wortel dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit, di antara manfaat lainnya. Selain itu, berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda petik dari konsumsi jus wortel.

Bergizi tinggi

Jus wortel rendah kalori dan karbohidrat sambil mengemas banyak nutrisi. Mulai dari kalori, protein, lemak, karbohidrat, gula, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan Kalium.

Jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda. Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Karotenoid utama dalam jus wortel adalah beta karoten, yang bertanggung jawab atas warna oranye wortel. Tubuh Anda mengubahnya menjadi vitamin A antioksidan.

Dapat meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda. Jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.

Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua karotenoid lain yang menumpuk di mata Anda dan melindunginya dari sinar yang merusak.

Asupan lutein dan zeaxanthin dalam makanan yang tinggi dapat menurunkan risiko masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia. Satu analisis dari 6 studi mengaitkan asupan makanan yang tinggi dari senyawa ini dengan risiko AMD terlambat 26% lebih rendah, dibandingkan dengan asupan rendah.

YesDok Ads

Dapat meningkatkan kekebalan

Jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir. Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons kekebalan yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan kekebalan yang melemah.

Dapat mengontrol gula darah

Minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Itu karena jus mengandung probiotik, yaitu bakteri menguntungkan yang mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.

Meski begitu, jus wortel memiliki indeks glikemik (GI) rendah - ukuran seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan kadar gula darah. Mengkonsumsi makanan dan minuman glikemik rendah dapat membantu meningkatkan manajemen gula darah pada penderita diabetes.

Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Nutrisi dalam jus wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam jus wortel merupakan pilihan nutrisi yang larut dalam air yang diperlukan untuk produksi kolagen. Senyawa ini adalah protein berserat paling melimpah di tubuh Anda, dan memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit Anda.

Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Beta karoten dalam jus wortel juga dapat membantu kulit Anda. Satu studi menemukan bahwa diet kaya karotenoid dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan ultraviolet (UV) dan memperbaiki penampilan kulit.

(Foto: Healthline)

YesDok Ads