Beragam Manfaat Berharga Kiwi untuk Kesehatan

June 07, 2019 | Helmi

Kiwi, salah satu buah eksotis yang dikemas dengan nutrisi penting yang sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan. Memang manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari buah kiwi?

Kaya Gizi

Kalori yang dimiliki Kiwi hanya setara dengan 61 gram, sedangkan total karbohidratnya adalah 15 gram, serat makanan tiga gram, gula sembilan gram, dan protein 1,2 gram. Kiwi juga dikemas dengan nutrisi penting seperti vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin B-6, magnesium, kalium, vitamin K, tembaga, vitamin E, asam folat, mangan dan vitamin.

Melancarkan Pencernaan

Protein terurai menjadi asam amino bagi tubuh untuk memperoleh nutrisi. Proses ini membutuhkan bantuan enzim protease yang ditemukan dalam kiwi sebagai aktinidin.

Mengatur Tekanan Darah

Kiwi juga berfungsi mengurangi ketidakseimbangan garam yang mempengaruhi tekanan darah. Faktanya, jumlah minimal kalium dalam tubuh mengubah kadar elektrolit dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Kiwi mengandung kalium yang mengatur kadar kalium Anda, yang kemudian mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah kontraksi jantung dalam prosesnya.

YesDok Ads

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi juga mengandung 100 gram vitamin C yang memenuhi 150 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Meskipun kandungannya di atas rata-rata, vitamin C mudah larut dan tubuh mengeluarkannya dalam urin. Bahkan menghilangkan ancaman yang membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah kiwi kaya akan karbohidrat tetapi memiliki indeks glikemik yang rendah. Bahkan mengandung serat makanan yang memperlambat masuknya gula ke aliran darah yang menghasilkan tingkat insulin yang mudah diatur. Ini juga merupakan pilihan yang lebih sehat bagi mereka yang menginginkan makanan manis.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penghilang limbah yang membuat darah kita bersih. Seiring bertambahnya usia, limbah yang tidak larut dapat berkembang sebagai batu ginjal yang kemudian menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu fungsi normal organ. Kiwi, yang kaya akan kalium, mencegah pembentukan batu dan mempertahankan fungsi ginjal yang normal.

YesDok Ads