Beragam Efek Samping Junk Food yang Sangat Merugikan Kesehatan

February 10, 2020 | Helmi

Junk food

Semua orang suka makan makanan cepat saji, terutama anak-anak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang menonton iklan junk food meningkatkan risiko pilihan makanan yang tidak sehat, yang mereka buat dalam waktu kurang dari 30 menit setelah menonton iklan Berbau junk food.

Junk food sama sekali tidak mengandung nutrisi dan tidak sehat, yang dapat membuat masalah kesehatan yang serius. Memangnya masalah kesehatan apa saja yang menjadi efek samping konsumsi junk food?

Menyebabkan masalah memori

Mengkonsumsi junk food dapat merusak daya ingat Anda. Asupan makanan tinggi lemak dan gula tinggi dapat memperlambat kecepatan belajar, daya ingat dan perhatian.

Menurunkan nafsu makan 

Konsumsi berlebihan makanan olahan dan gorengan dapat mengirim sinyal campuran ke otak, yang membuatnya sulit untuk memproses seberapa banyak Anda lapar dan seberapa puas. Mengonsumsi junk food akan menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh Anda dan membunuh nafsu makan dengan menjaga perut Anda kenyang untuk waktu yang lama. Ini menurunkan konsumsi makanan sehat.

Dapat menyebabkan depresi 

Mengkonsumsi makanan cepat saji mengubah aktivitas kimia otak, yang dapat menyebabkan gejala ketidakmampuan untuk mengatasi stres, dan karenanya membuat Anda depresi. 

YesDok Ads

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan berisiko lebih tinggi mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji lebih sedikit

Meningkatkan kenaikan berat badan 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Preventive Medicine and Hygiene menunjukkan hubungan antara konsumsi makanan cepat saji dan risiko obesitas pada siswa. Selama penelitian, 67,4% wanita dan 80,7% pria memiliki satu jenis makanan cepat saji, termasuk sandwich, pizza dan ayam goreng. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi obesitas berdasarkan indeks massa tubuh (BMI) dan rasio pinggang-pinggul (WHR) masing-masing Meningkat 21,3% dan 33,2%.

Meningkatkan risiko penyakit jantung 

Makanan cepat saji seperti soda, pizza, kue, kue kering, dan kentang goreng mengandung banyak gula dan lemak trans. Trans fat diketahui meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik) yang membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

(Foto: MedicalNewsToday)

YesDok Ads