Benarkah Nanas Bisa Mempermulus Kulit?

April 28, 2021 | Helmi

nanas

Nanas adalah salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat kesehatan. Buah ini juga kaya vitamin, antioksidan, serat, dan air tetapi rendah kalori.

Karena kandungan nutrisi dan antioksidan buah ini, beberapa orang juga mencoba memakannya atau mengoleskannya ke kulit mereka untuk meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Lantas, apakah benar nanas memiliki manfaat untuk mempercantik kulit? Nanas mengandung enzim kuat yang disebut bromelain.

Itu juga salah satu alasan utama nanas diklaim baik untuk kulit Anda. Studi telah menunjukkan bahwa bromelain memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Satu studi pada 8 orang dengan pityriasis lichenoides chronica (PLC), penyakit kulit kronis yang menyebabkan bintik-bintik kecil, bersisik, dan menonjol pada kulit, mencatat bahwa melengkapi dengan bromelain setiap hari selama 3 bulan menyembuhkan kondisi tanpa menyebabkan efek samping apa pun.

Kandungan vitamin C nanas juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Satu cangkir nanas mengandung 88% dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin C, antioksidan kuat.

Vitamin C memiliki beberapa khasiat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Berikut beberapa manfaat nanas untuk kecantikan kulit Anda.

Meningkatkan produksi kolagen

Konsumsi nanas mendorong produksi kolagen, matriks protein yang memberi struktur pada kulit Anda sambil mempertahankan elastisitasnya.

YesDok Ads

Memiliki sifat antioksidan

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa tidak stabil yang bisa berbahaya bila ada dalam kadar tinggi.

Membantu penyembuhan luka

Ini dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka dengan mendukung produksi sel kulit baru.

Meskipun demikian, Anda mungkin perlu makan nanas dalam jumlah besar saja untuk melihat perbedaan pada kulit Anda. Sebaliknya, cobalah memasukkan nanas hanya sebagai salah satu komponen dari makanan yang sehat dan seimbang.

Nanas kaya akan nutrisi, antioksidan, dan enzim bromelain - yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Namun, mengoleskannya langsung ke kulit Anda mungkin tidak memberikan manfaat yang nyata dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Jika Anda ingin merasakan manfaat nanas, cobalah produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus yang dibuat dengan ekstrak bromelain atau nanas daripada mengoleskan nanas segar ke kulit Anda.

YesDok Ads