0 Point
Prenatal yoga

Benarkah Menurunkan Berat Badan Aman saat Kehamilan?

Kenaikan berat badan merupakan hal yang alami dari kehamilan. Wanita dengan berat badan berlebih sebelum hamil mungkin mengkhawatirkan tentang bagaimana hal ini bisa berpengaruh pada kehamilan serta bertanya-tanya apakah menurunkan berat badan merupakan hal yang aman untuk dilakukan. 

Seiring pertumbuhan janin, pastinya wanita mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya secara alami dan akan menambah berat badan selama kehamilan. 

Peningkatan volume darah, cairan ketuban dan pertumbuhan bayi menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup stabil selama kehamilan.

Dalam kebanyakan kasus, wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas tetap perlu menambah berat badan mereka meskipun dalam kondisi hamil. Namun, mereka bisa menggunakan metode yang aman untuk mengurangi lemak tubuh yang bermasalah dan menghindari komplikasi terkait kenaikan berat badan.

Bisakah menurunkan berat badan selama kehamilan?

Menurunkan berat badan, di sisi lain, tidak sesuai untuk wanita hamil yang memiliki berat badan sehat sebelum kehamilan.

Jika Anda yakin bahwa Anda bisa memperoleh manfaat dari penurunan berat badan selama kehamilan, berkonsultasilah kepada dokter tentang metodenya tanpa berpengaruh pada bayi Anda.

Beberapa wanita mungkin menemukan bahwa mereka kehilangan berat badan tanpa bermaksud untuk menurunkannya selama trimester pertama kehamilan akibat morning sickness. 

Kenaikan berat badan bisanya terjadi setelah kehamilan mencapai trimester kedua dan wanita telah merasa lebih baik.

Cara yang aman menurunkan berat badan saat hamil

Berasal dari artikel yang dilansir oleh Medical News Today, menurut March of Dimes, kebanyakan wanita memerlukan 300 kalori tambahan per harinya selama kehamilan. Jumlah kalori ini setara dengan dua gelas susu atau sepotong buah.

Pola makan sehat disertai dengan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan wanita hamil dan bayinya secara keseluruhan. Wanita juga bisa secara alami menurunkan berat badan karena perubahan gaya hidupnya namun mereka tidak boleh melakukannya dengan tujuan menurunkan berat badan.

Selain berfokus pada diet sehat, wanita hamil perlu berbicara dengan dokternya tentang aktivitas fisik saat hamil. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, namun juga bisa menghilangkan stres. Beberapa olahraga yang baik bagi wanita hamil, yaitu

  • Jogging 
  • Berenang
  • Berjalan
  • Prenatal yoga atau yoga yang khusus dilakukan bagi wanita hamil
SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok