Benarkah Mengonsumsi Makanan Gosong Sebabkan Kanker?

September 19, 2022 | Helmi

makanan gosong sebabkan kanker

Apakah Anda suka mengkonsumsi makan makanan yang hangus dan gosong? Tahukah Anda bahwa kegemaran Anda makan makanan yang hangus dan gosong dapat meningkatkan risiko kanker? 

Berikut ini adalah sejumlah informasi yang perlu Anda ketahui tentang makan makanan yang dibakar dan dapat menyebabkan kanker.

Makanan yang dibakar memiliki konsentrasi tinggi dari kandungan yang disebut Akrilamida. Kandungan ini biasanya ditemukan ketika makanan bertepung dimasak pada suhu tinggi untuk waktu yang lama, yang dapat meningkatkan risiko kanker. 

Namun, makanan yang digoreng pada umumnya tidak meningkatkan risiko ini, tetapi jika dimasak pada suhu tinggi untuk waktu yang lama dan hangus dapat menyebabkan kanker.

YesDok Ads

Cara memasak seperti menggoreng dan memanggang dapat memicu pembentukan Akrilamida. Namun, bentuk memasak ini diklaim sehat untuk penggunaan minyak yang lebih sedikit, tetapi pembakaran makanan bertepung dapat meningkatkan risiko kanker sesuai dengan penelitian yang diterbitkan di portal digital Cancer Research UK. 

Sesuai laporan, banyak penelitian diperlukan untuk menetapkan bahwa hanya Akrilamida yang dapat menyebabkan kanker. Penelitian lainnya juga menemukan ada hal-hal lain dalam makanan sehari-hari, yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

Bukan hanya Akrilamida yang dapat meningkatkan risiko kanker, tetapi menurut penelitian itu adalah sifat dan jenis makanan, yang dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa ini. 

Para ahli menyarankan bahwa makan buah-buahan segar, sayuran, makanan kaya serat dan menghindari makanan tinggi gula, asin, berlemak dan olahan adalah kunci untuk tetap aman dari berbagai jenis kanker.

YesDok Ads