0 Point
Manfaat Oatmeal

Benarkah Manfaat Oatmeal Bantu Atasi Sembelit?

Benarkah manfaat oatmeal bisa bantu atasi sembelit? Jika Anda sering kali sulit buang air besar, dan bahkan menghabiskan banyak waktu untuk BAB, maka, bisa jadi Anda menderita sembelit.

Sembelit bisa terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang buruk. Sembelit atau konstipasi merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada semua orang, tak peduli usia dan jenis kelaminnya.

Sembelit kerap dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan diet yang salah, kurang olahraga, dan tingkat stres yang tinggi.

Sejumlah orang memanfaatkan obat pencahar, sebagai bantuan untuk mengatasi sembelit. Namun, konsumsi obat pencahar dalam jangka panjang dapat merusak kesehatan usus, karena jenis obat ini mengandung bahan kimia yang kuat.

Sementara itu, oatmeal dikatakan bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit, benarkah demikian?

Oatmeal merupakan salah satu pilihan makanan yang enak dan sehat. Oatmeal sangat kaya akan serat, sehingga manfaat oatmeal bisa membantu mengatasi sembelit.

Diperkirakan bahwa setiap cangkir oatmeal mengandung sekitar 4 gram serat. Sementara dari 4 gram serat tersebut, 2 gramnya merupakan serat tidak larut yang dapat mengatasi sembelit.

Tak hanya itu, oatmeal juga merupakan sumber fosfor, magnesium, seng, tiamin, selenium, mangan, dan zat besi yang baik.

Serat tidak larut yang ada dalam oatmeal akan masuk ke dalam sistem pencernaan, dan bercampur dengan feses yang mengeras. Selanjutnya, oatmeal dapat membantu melunakkan feses Anda.

Proses ini memungkinkan kotoran keluar dari sistem pencernaan dengan mudah, sehingga dapat mengatasi sembelit. Cobalah mengonsumsi oatmeal setiap hari sebagai menu sarapan sehat Anda, untuk mengambil manfaat oatmeal dalam mengatasi sembelit.

Selain dapat mengobati sembelit, manfaat oatmeal yang kaya nutrisi juga dapat membantu dalam:

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengontrol diabetes
  • Mengurangi risiko kanker
  • Mencegah penyakit jantung

(Foto: healthyeating.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok