0 Point
Berat badan naik

Benarkah Hormon Insulin Memengaruhi Kenaikan Berat Badan?

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon ini memainkan peran utama dalam mengatur kadar gula darah seseorang. Tak hanya itu, insulin juga bertugas mengatur bagaimana tubuh menyimpan dan menggunakan lemak dan glukosa.

Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein, gula yang berasal dari ketiganya akan dimetabolisme oleh tubuh menggunakan insulin. Saat kadar gula darah menjadi tinggi usai makan, sel-sel dalam pankreas dikirimkan sinyal untuk melepas insulin. Insulin kemudian akan memicu hati dan otot untuk menyerap gula.

Di dalam tubuh, gula dapat disimpan dalam dua cara, yakni diubah menjadi glikogen melalui proses glikogenesis atau gula diubah menjadi lemak oleh lipogenesis.

Insulin menormalkan kadar gula darah setelah makan, sehingga kadar gula darah tetap terkendali. Ketidakmampuan tubuh untuk menanggapi sinyal yang dikirim oleh insulin atau kurangnya insulin dalam tubuh dapat menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) atau hiperglikemia (gula darah tinggi).

Kondisi diabetes tipe-1 terjadi ketika sel-sel dalam pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup. Sementara diabetes tipe-2 terjadi ketika tubuh tidak merespons insulin yang diproduksi dalam tubuh. Kedua kondisi ini membutuhkan organ-organ yang terdampak untuk memakai sumber insulin dari luar. Namun, sumber eksternal ini memungkinkan terjadinya penambahan berat badan.

Orang dengan diabetes mungkin akan kesulitan mengontrol berat badan mereka. Ketika kadar gula darah terus meningkat, sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap gula dalam darah, yang kemudian hal ini bisa memperburuk kondisi diabetes.

Ketika tubuh mulai mengambil insulin untuk mengontrol gula darah, sel-sel mulai menyerap gula sebagai glikogen. Dan ketika sel-sel telah mendapatkan kapasitas maksimum dari glikogen, gula akan disimpan sebagai trigliserida atau lemak. Ketika tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan, Anda akan lebih jarang merasa lapar, dan tubuh mulai mempertahankan lebih banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Akumulasi lemak dan cairan yang terus meningkat selama Anda menggunakan insulin, menyebabkan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini terjadi pada bagian-bagian tertentu dalam tubuh. Semakin banyak insulin yang tubuh Anda gunakan, maka semakin bertambah berat badan Anda, keduanya berbanding lurus.

Jika Anda mengalami hal ini, cobalah untuk mengonsultasikannya dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan beberapa obat diabetes, dan menyarankan Anda untuk konsultasi dengan ahli gizi. Ini bisa membantu Anda mengelola berat badan yang naik akibat insulin.

(Foto: diabetesselfmanagement.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok