0 Point
Nafsu makan berkurang

Benarkah Gangguan Kecemasan Dapat Hilangkan Nafsu Makan?

Gangguan kecemasan dapat menyebabkan perubahan nafsu makan!

Rupanya, pengidap gangguan kecemasan cenderung untuk makan berlebihan atau makan makanan tidak sehat sebagai mekanisme koping mereka mendapatkan kenyamanan tertentu dari makanan tersebut. 

Menurut artikel yang dilansir oleh Psych Central, kecemasan biasanya disertai dengan masuknya hormon stress. Dalam jangka waktu yang pendek, hormon-hormon ini muncul untuk membantu mengaktifkan mode bertahan hidup mulai dari meningkatkan detak jantung dan pernapasan hingga merangsang sistem usus.

Orang yang sama juga mungkin bereaksi berbeda terhadap tingkat cemas dengan keparahan yang ringan dan tingkat yang sudah parah. Stress ringan dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan atau istilah terkenalnya binge over-eating. Sementara orang dengan tingkat kecemasan yang parah, mereka bisa kehilangan nafsu makan. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Kenali sumber kecemasan

Mengidentifikasi pemicu kecemasan dapat membantu seseorang memperoleh kembali nafsu makannya. Sama halnya juga penting untuk mencoba meringankan pemicu stres atau stressor setelah Anda mengenali pemicu utamanya. 

Memilih makanan bernutrisi 

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan tidak akan mengganggu sistem pencernaan di kemudian hari seperti nasi, kentang putih, sayuran kukus dan protein tanpa lemak. 

Praktik relaksasi untuk mengurangi stres

Beberapa praktik ini dapat membantu Anda mengendalikan gejala stres dan kecemasan

  • Lakukan meditasi dan yoga 
  • Praktik mindfulness
  • Latihan pernapasan dalam 
SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok