Benarkah Cokelat Mampu Lindungi Kulit dari Sinar UV?

May 22, 2021 | Claudia

Cokelat

Dikemas penuh dengan antioksidan, cokelat semakin mendapat tempat di antara kelompok makanan sehat. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa cokelat dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa cokelat dalam jumlah sedang, terutama cokelat hitam atau dark chocolate, baik untuk kesehatan usus, kadar kolesterol, dan kesehatan otak. Bahkan, cokelat disebut-sebut juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Cokelat dianggap makanan yang sehat berkat tingginya kandungan antioksidan di dalam cokelat. Lalu, benarkah cokelat memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari?

Paparan sinar matahari dapat membakar kulit. Paparan sinaran matahari bahkan menjadi penyebab utama dari kanker kulit dan penuaan pada kulit. Bisakah cokelat dengan kadar antioksidannya yang tinggi melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet (UV)?

Biji kakao mentah mengandung kadar flavonoid yang sangat tinggi. Akan tetapi, sebagian besar kadar flavonoid hilang saat terjadi proses mengubah biji kakao menjadi cokelat yang siap konsumsi. Meski begitu, produsen cokelat terus bereksperimen dengan proses baru, demi mempertahankan tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam cokelat siap konsumsi.

YesDok Ads

Sebuah studi yang dipimpin oleh Prof. Wilhelm Stahl dari Institute for Biochemistry and Molecular Biology di Heirich Heine University di Düsseldorf, Jerman, menyelidiki apakah tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam cokelat dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan kerusakan akibat radiasi sinar UV.

24 wanita menjadi partisipan dalam penelitian ini. Mereka kemudian mengonsumsi minuman cokelat yang mengandung 27 mg flavonoid (cokelat normal) atau 329 mg (antioksidan tinggi) setiap pagi selama 12 minggu.

Hasilnya, Prof. Stahl menemukan bahwa kulit peserta yang telah mengonsumsi minuman cokelat oksidan tinggi tidak menjadi merah saat terkena radiasi UV dalam jumlah yang terkontrol.

Akan tetapi bukti ini dirasa masih kurang cukup, terlebih ada penelitian lain dengan hasil yang bertentangan. Untuk itu, yang terbaik adalah dengan tetap mengandalkan perlindungan lain untuk kulit, seperti pemakaian sunscreen, dan menjadikan cokelat hanya sebagai perlindungan tambahan sekaligus bagian dari diet sehat dan seimbang.

(Foto: everydayhealth.com)

YesDok Ads