Bekerja dalam Waktu Lama Berisiko Pada Kesehatan

October 25, 2020 | Iman

Sibuk bekerja

Jam kerja yang berat bisa membuat Anda stres, kerja yang kompetitif saat ini membuat karyawan tidak dapat beristirahat dengan tenang dan normal. Tidak jarang anda harus buru-buru melakukan pekerjaan dan pola kerja 8 jam seperti berbeda sekarang, dimana fenomena lembur menjadi hal yang biasa.

Anda mungkin berpikir bahwa masuk kerja lebih awal dapat membantu, tapi jika terus menerus seperti ini tentu berdampak bagi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa dampak yang ditimbulkan terhadap kesehatan Anda untuk jangka panjang.

1. Kesehatan fisik

Seringkali Anda pasti mengeluh tentang nyeri yang terus menerus menusuk Anda. Anda tidak punya banyak waktu untuk beristirahat, akibatnya rasa sakit tetap ada. Sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik Anda terlebih dahulu, daripada mengikuti pekerjaan yang berat.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang cenderung bekerja lebih lama dari biasanya, memiliki peluang tinggi untuk meninggal lebih awal atau terkena penyakit yang berisiko.

YesDok Ads

2. Kesehatan mental

Bukan hanya kesehatan fisik yang terpengaruh, tetapi kesehatan mental Anda juga sangat terpengaruh. Bayangkan jam kerja dan panggilan telepon tanpa henti membuat Anda stres dan menyiksa otak Anda. Akibat dari hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan mental dan individu juga dapat mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan gaya hidupnya.

3. Kesempatan berkarir

Walaupun masalah kesehatan fisik dan mental Anda tidak terlalu memengaruhi Anda, Anda akan terkejut mengetahui bahwa karier Anda juga bisa menurun karena terlalu banyak bekerja. Sebuah studi menyimpulkan bahwa orang yang sebagian besar bekerja lembur telah mengurangi kesempatan kerja dan keahlian untuk menjadi pekerja yang mahir.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads