Bekas Jerawat Hitam, Bagaimana Cara Menanganinya?

July 14, 2022 | Claudia

Bekas Jerawat Hitam

Masalah jerawat tak hanya mengganggu saat masih baru muncul, bahkan saat hanya bekasnya pun, ini juga bisa membuat frustasi. Bekas jerawat hitam menjadi salah satu masalah kulit yang sulit ditangani.

Jerawat terbentuk ketika akibat adanya peradangan di kulit. Ketika jerawat sembuh, sel-sel kulit baru terbentuk, namun ada kemungkinan sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulit, mengandung terlalu banyak melanin, yakni zat pember warna pada kulit. Hal inilah yang kemudian menjadi bekas jerawat hitam di kulit.

Perawatan kulit yang rutin, harus dilakukan untuk bisa mengatasi bekas jerawat hitam. Jika Anda menginginkan kulit jerawat yang mulus dan bebas bekas jerawat hitam, mungkin tips berikut ini bisa membantu:

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satu manfaat lidah buaya adalah, mampu menyamarkan bekas jerawat hitam di kulit. Lidah buaya bekerja dengan mencerahkan kulit, dan inilah yang kemudian membantu memudarkan bekas jerawat hitam yang mengganggu.

Sunscreen

Menurut penelitian, mengatasi bekas jerawat hitam harus dimulai dari memastikan kulit terlindungi dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Untuk itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap harinya, sangat wajib dilakukan. Sunscreen bahkan tetap harus Anda gunakan, meski cuaca sedang mendung atau saat Anda seharian beraktivitas di dalam ruangan. Rutin memakai sunscreen akan sangat berguna untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

YesDok Ads

Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C juga baik untuk menyamarkan bekas jerawat hitam. Anda bisa mendapat asupan vitamin C dari jus jeruk atau jus lemon yang dipercaya mampu mencerahkan kulit, termasuk memudarkan bekas jerawat hitam. Akan tetapi, bagi si pemilik kulit sensitif, dianjurkan tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, karena tinggi risiko iritasi.

Minyak kelapa

Kandungan vitamin E dan asam lemak yang sehat dalam minyak kelapa, juga bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat hitam di kulit. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, maka Anda sebaiknya tidak menggunakan minyak kelapa secara berlebihan. Ini dikhawatirkan bisa membuat kulit semakin berminyak dan menyebabkan masalah jerawat lebih banyak.

Kentang

Kentang mengandung pati yang tinggi, dan mampu mencerahkan kulit. Perawatan alami dengan kentang, bisa membantu memudarkan bekas jerawat hitam yang mengganggu penampilan kulit Anda.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads