0 Point
Nyeri menstruasi

Begini Seharusnya Orang Tua Menangani Menstruasi Pertama Anak

Jika Anda memiliki anak perempuan, mau tidak mau, masa menstruasi akan menghampirinya, dan Anda harus siap untuk itu. Menarke adalah siklus menstruasi pertama, atau perdarahan menstruasi pertama, pada manusia wanita biasanya membingungkan. Di sinilah peran sebagai orang tua amat sangat diperlukan.

"Tidak ada usia yang tepat untuk menarche, tetapi umumnya terjadi 14-16 tahun. Bahkan ditemui di kelas menengah dan di atas strata sosial ekonomi anak perempuan adalah 12-13 tahun sudah haid pertama,” kata Senior Obstetrician and Gynaecologist dari London, Prathima Reddy.

Menarke dini memiliki konsekuensi sosial budaya, emosional dan kesehatan. Kondisi ini dikaitkan dengan predisposisi penyakit seperti kanker, penyakit jantung.

“Seiring dengan evolusi umat manusia, usia menarke menjadi lebih awal. Jika anak perempuan tidak memulai menstruasi pada usia 14 tahun, maka kita harus mulaikhawatir dan berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bahkan jika anak perempuan mengalami menstruasi sebelum usia 8 tahun, Anda juga harus konsultasi,” seorang Konsultan Obstetrician & Gynaecologist, Sarada M lebih jauh menambahkan.

PBB mendefinisikan manajemen kebersihan menstruasi yang memadai sebagai menggunakan bahan manajemen menstruasi yang bersih untuk menyerap atau mengumpulkan darah yang hadir secara privasi selama periode menstruasi.

Anda dapat mengajarkan menggunakan sabun khusus kewanitaan dan air bersih untuk mencuci area privasi sesuai kebutuhan. Sayangnya di negara-negara miskin, anak perempuan menghadapi hambatan besar untuk mencapai manajemen menstruasi yang memadai, bahkan air bersih.

Masa menarke adalah waktu yang sangat rentan dan sensitif dalam kehidupan seorang gadis, orang tua harus menanganinya dengan kepekaan dan penuh pengertian. “Penting juga bahwa orang tua perlu mendorong diskusi tentang menarke pada anak-anak dan menghilangkan mitos dan tabu yang keliru,” Reddy menambahkan.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok