Begini Kondisi Vagina Pasca Melahirkan Normal

April 02, 2022 | Aqiyu

perubahan vagina

Dalam proses persalinan normal, bayi akan melewati vagina ibu untuk jalan lahirnya. Ketika bayi akan keluar, maka otot vagina harus meregang. Jadi, jangan heran jika vagina mengalami perubahan alami setelah melahirkan normal.  

Kondisi vagina pasca melahirkan normal mungkin tidak akan kembali seperti bentuk dan ukuran sebelumnya. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara seperti senam kegel dan latihan lainnya untuk membantu menguatkan otot-otot dasar panggul. Berikut kondisi vagina pasca melahirkan normal:

Sulit menahan kencing

Tidak jarang ibu yang melahirkan normal mengalami inkontinensia urine. Inkontinensia urine merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan kontrol kandung kemih. Biasanya wanita yang sudah melahirkan secara normal akan sedikit kencing saat tertawa, batuk atau bergerak tiba-tiba. 

Vagina terasa kering

Vagina terasa kering pasca melahirkan adalah hal yang normal terjadi. Namun kondisi ini dapat membuat berhubungan seksual terasa tidak nyaman dan menyakitkan. Setelah melahirkan, tubuh akan lebih sedikit dalam memproduksi hormon estrogen. Rendahnya kadar hormon estrogen ini dapat menyebabkan jaringan vagina lebih tipis dan kering dari biasanya.

Vagina terasa lebih longgar

YesDok Ads

Vagina dirancang untuk meregang saat melahirkan. Sebuah studi menyebutkan bahwa otot dasar panggul yang terlibat saat proses melahirkan normal dapat meregang lebih dari tiga kali lipat dari jumlah normalnya. Setelah melahirkan secara normal, vagina mungkin akan terasa lebih longgar, namun jaringan biasanya akan menyusut kembali ke keadaan sebelum hamil.

Vagina bengkak dan berubah warna 

Perubahan vagina pasca melahirkan bisa mengalami bengkak dan perubahan warna. Ini adalah hal yang wajar karena area tersebut mengalami perubahan pigmen bukan hanya perubahan hormon selama kehamilan tetapi juga akibat jaringan parut yang robek saat melahirkan.

Aroma urine tidak sedap

Bau tidak sedap ada air kencing pasca melahirkan bisa disebabkan oleh campuran darah nifas yang keluar. Namun kondisi lainnya bisa disebabkan oleh infeksi postpartum pada rahim, vagina, perineum atau saluran kemih.

(Foto: people)

YesDok Ads