Diet
+1

Begini Cara Bakar Kalori Dengan Tidur

August 01, 2020 | Aqiyu

Tidur

Tubuh langsing dengan berat badan ideal bisa Anda peroleh dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Ditambah dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang rutin. Selain cara tersebut, Anda dapat membakar kalori ketika sedang tidur.

Meski saat Anda tidur kalori tetap dapat dibakar, bukan berarti Anda mengubah durasi tidur menjadi lebih dalam dari biasanya agar kalori yang dibakar pun semakin banyak. Pastikan pula Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik agar proses pembakaran kalori optimal.

Berikut cara membakar kalori ketika Anda tertidur:

Tidur tanpa cahaya

Tidur dengan keadaan gelap bisa membantu Anda membakar kalori. Saat Anda beristirahat dan tidak terpapar cahaya, tubuh Anda akan menghasilkan hormon melatonin. Dimana hormon ini menurut riset yang diterbitkan oleh the Journal of Pineal Research dapat membantu produksi lemak coklat yang berperan dalam pembakaran kalori.

Matikan elektronik dan gadget

YesDok Ads

Saat ingin tidur pastikan barang elektronik seperti televisi dan gadget Anda dalam keadaan mati. Menurut sebuah riset, paparan sinar biru dari gadget bisa menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh. Akibatnya, metabolisme dalam tubuh ikut terganggu.

Tidur tanpa busana

Tidur dengan keadaan telanjang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu membakar kalori. Hal ini disebabkan oleh suhu dingin pada tubuh karena tidak menggunakan pakaian. Suhu dingin ini membuat produksi lemak baik meningkat yang tugasnya membakar kalori.

Tidur di tempat sejuk 

Berdasarkan sebuah riset yang diterbitkan oleh the Journal Diabetes, orang yang tidur dengan suhu hingga 16 derajat celsius, dapat membakar kalori tujuh persen lebih banyak atau setara dengan membakar 100 kalori daripada mereka yang tidur di ruangan hangat. Hal ini terjadi karena tubuh bekerja lebih keras untuk menyesuaikan normalnya suhu tubuh yakni 37 derajat celcius.  

(Foto: the independent)

YesDok Ads