Beberapa Penyebab Tenggorokan Gatal

September 05, 2020 | Claudia

Tenggorokan gatal

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan tenggorokan, seperti tenggorokan gatal. Tenggorokan gatal merupakan salah satu gejala dari alergi atau bisa juga menjadi tanda-tanda awal infeksi virus atau bakteri. Sering kali, tenggorokan gatal dapat diatasi dengan pengobatan sederhana dan pengobatan alami.

Tenggorokan gatal yang teriritasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya adalah:

Rinitis alergi

Rinitis alergi menjadi salah satu penyebab paling umum dari tenggorokan gatal. Rinitis alergi terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat yang tidak berbahaya. Tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin, yang menyebabkan reaksi berlebihan ini. Pemicu paling umum dari kondisi ini adalah bulu, debu, serbuk sari, dan zat iritan lainnya seperti asap rokok atau asap knalpot.

Alergi makanan

Alergi terhadap makanan terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap hal-hal tertentu yang kita makan, seolah-olah hal tersebut membahayakan tubuh. Reaksi umumnya berkembang dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah mengonsumsi makanan yang menjadi pemicu.

ALergi mungkin akan menyebabkan gejala ringan, misalnya muncul rasa gatal di tenggorokan atau mulut. Beberapa alergi bisa menjadi parah dan mengancam jiwa. Beberapa makanan yang kerap menjadi pemicu alergi yakni kacang tanah, kerang, telur, susu, dan gandum.

YesDok Ads

Alergi obat

Banyak orang menderita alergi terhadap obat-obatan tertentu. Tingkat keparahan alergi akan berkisar dari mulai ringan hingga yang mengancam jiwa. Gejala alergi obat bisa termasuk tenggorokan gatal yang biasanya muncul ketika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu atau yang belum pernah Anda minum sebelumnya.

Infeksi bakteri dan virus

Radang tenggorokan atau kasus tonsilitis dapat dimulai dengan gejala tenggorokan gatal sebelum akhirnya menjadi sakit tenggorokan yang lebih parah. Infeksi virus seperti virus flu juga bisa menyebabkan tenggorokan gatal. Jika hanya pilek, gejala tenggorokan gatal mungkin tidak akan terlalu berkembang. Namun, jika seseorang mengalami infeksi flu, sakit tenggorokan biasanya akan menjadi lebih parah dan disertai dengan demam, nyeri tubuh, dan rasa tidak nyaman di dada.

Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk atau yang ada di dalam tubuh. Hal ini biasa terjadi selama cuaca panas, setelah berolahraga, dan selama sakit. Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, kondisi sementara di mana mulut dan tenggorokan tidak memiliki cukup air liur untuk melembapkan. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

(Foto: eagle93.com)

YesDok Ads