0 Point
Ibu menyusui

Beberapa Penyebab Kegagalan ASI Ekslusif

Para ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, ada rasa khawatir ketika tinggi dan berat badan mereka tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan. 

Program air susu ibu atau ASI eksklusif bisa menjawab kekhawatiran itu, namun ada kemungkinan para Ibu gagal memberikan ASI eksklusif yang dapat disebabkan oleh banyak hal.

Menurut penelitian, bayi yang mendapat ASI eksklusif sampai setidaknya enam bulan lebih sedikit mengalami gangguan tumbuh kembang dan penyakit gastrointestinal.

Maka, ketika ada tanda-tanda gagal ASI eksklusif, ibu harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Kegagalan ini berkaitan dengan kondisi psikis serta kurangnya pengetahuan ibu mengenai produksi ASI dan pemberian ASI yang benarBerikut adalah beberapa penyebab kegagalan ASI Ekslusif. 

1. Menganggap Produksi ASI Sedikit

Kondisi ini disebut persepsi ketidakcukupan ASI (PKA), yakni ketika ibu merasa ASI yang ia produksi tak cukup buat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Secara global, PKA adalah satu di antara sejumlah penyebab utama gagal ASI eksklusif. 

2. Kurangnya Nutrisi Ibu

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui lebih tinggi ketimbang ibu hamil. Namun tak sedikit ibu yang justru mengurangi asupan makanannya setelah melahirkan dengan dalih ingin mengembalikan berat badan ke kondisi semula. Diet agar berat badan ideal memang penting, tapi jangan sampai mengabaikan asupan nutrisi. 

3. Memberikan ASI dalam Botol

ASI eksklusif adalah pemberian ASI langsung dari ibu lewat proses menyusui dan pemberian ASI dalam botol berarti ASI eksklusif telah gagal. Banyak Ibu yang juga merupakan wanita karier tak bisa menyusui langsung ketika harus bekerja.

4. Memberikan Air Putih

Pemberian air putih kepada bayi juga menyebabkan gagal ASI eksklusif. Ibu hanya boleh memberikan ASI tanpa cairan atau makanan padat apa pun kecuali mineral, vitamin, atau obat dalam bentuk sirup atau tetes hingga umur bayi enam bulan untuk bisa sukses menjalankan ASI eksklusif.

5. Tekad yang Kurang Kuat

Tekad yang kuat merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan ASI eksklusif. Jika ibu mudah menyerah pada keadaan yang menghalangi pemberian ASI, ujungnya adalah gagal ASI eksklusif. 

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok