Diet
+1

Beberapa Mitos yang Justru Membuat Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

May 08, 2021 | Helmi

diet

Pernah melakukan diet untuk menurunkan berat badan tetapi membuat Anda sengsara? Itu bisa jadi karena Anda tidak mengikuti aturan dan praktik untuk menurunkan berat badan secara efektif. 

Tidak jarang ada beberapa kesalahpahaman tentang penurunan berat badan yang dapat membatasi hasil yang Anda peroleh. Ahli gizi dan diet, Nmami Agarwal menjelaskan berbagai mitos seputar penurunan berat badan

Makan lebih sedikit

Mitos yang pertama adalah keyakinan bahwa makan lebih sedikit akan membantu menurunkan berat badan. Padahal menurut para ahli, makan banyak akan menjadi lemak. Sedangkan lemak tubuh merupakan energi yang disimpan.

Untuk menghilangkan lemak yang ada di tubuh agar tidak menumpuk, seseorang harus melakukan beragam kegiatan untuk membakar kalori, seperti olahraga misalnya.

Lemak tubuh hanyalah energi yang disimpan. Untuk menghilangkan lemak, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi.

Karbohidrat itu buruk

Banyak orang menjalani diet berat yang menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari daftar makanan. Ini karena banyak yang percaya bahwa karbohidrat menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan. 

Menurut ahli gizi, "Karbohidrat bukanlah penyebab obesitas sejak awal. Makanan berbahan dasar karbohidrat utuh sangat menyehatkan."

YesDok Ads

Menurunkan berat badan dengan melewatkan makan

Melewatkan makan bukanlah ide yang baik dan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan secara berkelanjutan. Bahkan mungkin memiliki efek buruk pada tubuh Anda. 

Bukan jumlah makannya tapi asupan kalori yang harus diperhatikan. Untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, Anda harus mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi dan meningkatkan kalori yang Anda bakar melalui olahraga. 

Makanan rendah lemak selalu sehat

Meskipun penting untuk membaca label sebelum Anda membeli suatu produk, penting juga untuk memahami apa artinya sebenarnya. Dan tidak semua yang 'rendah lemak' itu sehat. 

Periksa label untuk melihat berapa banyak lemak yang dikandungnya. Beberapa makanan rendah lemak mungkin juga mengandung kadar gula yang tinggi.

Menyadari kebutuhan tubuh Anda yang sebenarnya penting untuk tetap sehat. Jika tidak, Anda mungkin akan melakukan lebih banyak kerugian daripada manfaat. 

Jadi, jika lain kali Anda memutuskan untuk melakukan diet, pastikan untuk memeriksa fakta terkait apa yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

YesDok Ads