Beberapa Kesalahan yang Kerap Dilakukan pada Telinga

July 11, 2020 | Claudia

Telinga

Telinga merupakan salah satu indera yang harus kita jaga kesehatannya. Anda tentu tidak mau bukan terjadi masalah dengan organ telinga Anda? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara terbaik untuk membuat telinga tetap sehat.

Ada tiga bagian telinga, yakni telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Meskipun ketiga bagian ini terlibat dalam fungsi pendengaran, hanya telinga bagian dalam yang secara fungsional bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh.

Ada beberapa kesalahan yang secara tidak sengaja terus kita lakukan pada telinga kita, di mana kesalahan-kesalahan ini bisa memberikan efek yang merugikan untuk kesehatan telinga. Apa saja hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada telinga Anda?

Earphone

Mendengarkan musik keras dengan headphone atau earphone untuk jangka waktu yang lama dapat merusak gendang telinga secara permanen. Bahkan mendengarkan musik pada tingkat desibel yang lebih rendah dapat menyebabkan sakit kepala dan berkurangnya sensitivitas terhadap suara.

Membersihkan earwax

Ear wax bukanlah kotoran, melainkan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk melindungi telinga dari infeksi, melembapkan saluran telinga, dan bahkan melindungi gendang telinga. Telinga dapat membersihkan dirinya secara mandiri. Jadi, kita tidak perlu membersihkan kotoran telinga terlalu sering, apalagi malah membersihkan earwax yang kerap dianggap sebagai kotoran.

Jika kesulitan mendengar, coba periksakan ke dokter

YesDok Ads

Kehilangan pendengaran bisa sangat berbahaya. Jadi, jangan abai dengan tanda-tanda awal kehilangan pendengaran. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Perawatan ear candle

Banyak orang tergiur untuk melakukan perawatan ear candle karena kerap diiming-imingi dengan memberikan hasil telinga yang lebih bersih. Padahal, penelitian mengatakan bahwa perawatan ini tidak memiliki manfaat. Selain itu, perawatan dengan ear candle dapat menyebabkan luka bakar yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit dan infeksi.

Hindari suara keras

Jangan terlalu sering mendengarkan suara yang keras. Anda bahkan dapat mempertimbangkan penggunaan penyumbat telinga jika perlu. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk pindah, jika tempat tinggal Anda sekarang berada di dekat kawasan industri di mana sering terdengar suara keras. Suara keras tidak hanya membahayakan bagi telinga Anda, tetapi juga mengganggu konsentrasi Anda dan mencegah Anda tidur nyenyak di malam hari.

Kunjungi spesialis THT secara teratur

Untuk menghindari masalah dan untuk mengatasi kemungkinan masalah sejak awal, Anda harus rutin mengunjungi spesialis THT secara berkala.

(Foto: insider.com)

YesDok Ads