0 Point
Pencernaan

Beberapa Kebiasaan Ini Sebabkan Masalah Pencernaan

Sembelit dan kembung merupakan beberapa tanda atau gejala dari sistem pencernaan yang buruk. Terkadang, kebiasaan yang Anda lakukan, yang menjadi penyebab dari masalah ini.

Sistem pencernaan yang buruk, dapat sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sistem imun Anda bisa terganggu, dan bahkan Anda bisa mengalami kekurangan energi, jika terus menjalankan diet yang salah dan tidak sehat.

Berikut ini merupakan beberapa kesalahan dari kebiasaan Anda yang bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan:

Asupan serat yang tidak cukup

Buang air besar bisa lancar, jika Anda mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi serat. Sebaliknya, jika Anda malas mengonsumsi serat, maka siap-siap saja Anda akan diganggu dengan sembelit.

Makan tengah malam

Kebiasaan ini dapat menyebabkan refluks asam atau bahkan GERD, karena Anda mungkin akan segera berbaring setelah menghabiskan makanan. Setidaknya, tunggu sampai 2 jam dari waktu Anda terakhir makan, sampai Anda memutuskan untuk berbaring di atas tempat tidur Anda.

Makan terlalu cepat

Kebiasaan makan terlalu cepat bisa menyebabkan Anda menelan udara terlalu banyak. Ini bisa berakibat buruk pada sistem pencernaan Anda.

Minum soda

Mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering bisa memengaruhi sistem pencernaan Anda. Minuman bersoda bisa menyebabkan kembung, dan juga menyebabkan naiknya asam lambung yang menimbulkan masalah refluks asam atau bahkan GERD.

Menunda buang air besar

Saat perut mulas pertanda ingin buang air besar, maka segeralah ke toilet untuk menuntaskannya. Menunda buang air besar bisa sangat memengaruhi sistem pencernaan Anda.

(Foto: carygastro.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok