Beberapa Jenis Amnesia yang Bisa Terjadi pada Seseorang

June 22, 2022 | Claudia

Amnesia

Amnesia adalah kondisi ketika seseorang tidak dapat mengingat informasi yang tersimpan dalam ingatannya. Meski mungkin Anda kerap melihat kasus amnesia dari film atau sinetron, namun, amnesia sebenarnya merupakan kondisi yang sangat langka.

Amnesia mengacu pada kondisi hilangnya memori jangka panjang dalam skala besar. Ini terjadi akibat penyakit, cedera otak, atau trauma psikologis. Ketika seseorang mengalami amnesia, ia akan kehilangan ingatan tentang peristiwa penting, hal-hal penting, orang-orang dalam hidupnya, dan fakta-fakta penting yang sebelumnya telah diketahui.

Ada banyak jenis amnesia, dan seseorang bisa mengalami lebih dari satu jenis amnesia. Amnesia juga bisa bersifat sementara atau bertahan lama. Beberapa jenis amnesia yang paling umum adalah:

Amnesia anterograde

Seseorang dengan amnesia anterograde tidak dapat mengingat informasi baru. Ini biasanya terjadi akibat hasil dari trauma di otak, seperti pernah mengalami pukulan atau benturan keras di kepala yang menyebabkan kerusakan otak. Biasanya, seseorang yang mengalami amnesia anterograde akan memiliki ingatan penuh sejak sebelum cedera.

Amnesia retrograde

Amnesia retrograde adalah kondisi ketika seseorang tidak dapat mengingat peristiwa yang terjadi sebelum trauma yang ia alami, akan tetapi, dapat mengingat peristiwa yang terjadi setelahnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, amnesia retrograde dan anterograde dapat terjadi secara bersamaan.

Amnesia global sementara

Ini adalah kondisi hilangnya semua ingatan dalam sementara waktu, atau pada kasus yang parah, kesulitan membentuk ingatan baru. Kondisi ini sangat jarang terjadi, dan lebih mungkin terjadi pada orang lanjut usia dengan penyakit pembuluh darah.

YesDok Ads

Amnesia traumatis

Kondisi ini mengacu pada hilangnya ingatan akibat adanya pukulan atau benturan keras di kepala, misalnya saat seseorang mengalami kecelakaan. Ia mungkin akan kehilangan kesadaran atau koma. Jenis amnesia ini biasanya bersifat sementara, namun durasinya seringkali bergantung pada tingkat keparahan cedera.

Amnesia disosiatif

Ini merupakan kondisi di mana seseorang tidak ingat akan masa lalu dan identitasnya. Ia mungkin terbangun dan tiba-tiba tidak mengenali siapa dirinya. Pemicu terjadinya amnesia ini paling banyak akibat peristiwa yang traumatis.

Amnesia pascahipnotis

Seseorang tidak dapat mengingat apa yang terjadi saat ia mengalami hipnosis.

Amnesia yang diinduksi alkohol

Ini terjadi ketika seseorang minum alkohol terlalu banyak sampai jatuh pingsan dan ia tidak bisa mengingat hal-hal yang terjadi saat ia tengah mabuk dan tak sadarkan diri.

(Foto: news.culturacolectiva.com)

YesDok Ads