Beberapa Asupan yang bisa Perkuat Imunitas

March 10, 2020 | Iman

Makanan untuk perkuat imunitas

Saat ini masyarakat dunia sedang disibukkan dengan adanya Virus Corona atau Covid-19, di Indonesia sendiri tercatat saat ini ada 6 orang yang terinfeksi virus tersebut. 

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah masuknya virus corona salah satunya adalah memperkuat imunitas dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Imunitas tubuh bisa dijaga dan diperbaiki dengan pola hidup sehat, artinya sehat asupan makanan bernutrisi dan olahraga. 

Selain itu, olahraga rutin, tidur cukup, minum-cukup air putih juga dianjurkan, sehingga bisa mendetoksifikasi racun. Kurang tidur dan stres bisa memicu turunnya imunitas tubuh yang otomatis menurunkan kualitas antibodi.

Soal asupan, ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi karena dapat menambah atau menjaga imunitas dalam tubuh kita. Berikut adalah daftar asupan tersebut. 

1. Buah Mengandung Vitamin C

Beberapa buah seperti Jeruk dan lemon mengandung vitamin c dalam jumlah yang baik dan dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda, selain itu Vitamin C juga diyakini bisa meningkatkan produksi sel darah putih.

2. Paprika merah

Tidak hanya buah jeruk yang memiliki vitamin C, paprika merah justru mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk disamping kandungan beta karoten yang tinggi.

3. Brokoli

YesDok Ads

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral diantaranya vitamin A, C, dan E, serta banyak kandungan antioksidan dan serat lainnya.

4. Bawang putih 

Bawang putih sangat mudah kita temukan, dan penting untuk memasukkannya dalam menu makanan anda karena bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

5. Jahe

Jahe diyakini dapat membantu mengurangi peradangan, membantu mengurangi sakit pada tenggorokan dan penyakit radang lainnya.

6. Bayam

Bayam banyak mengandung antioksidan dan beta karoten, sehingga dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh kita.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat baik, Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

(Foto : prevention)

YesDok Ads