Bayi Baru Lahir, Sudah Punya Gigi? Ini Penyebabnya!

November 02, 2019 | Aqiyu

Pada umumnya bayi yang baru lahir belum memiliki gigi. Gigi akan tumbuh seiring bertambahnya usia. Biasanya memasuki usia lima bulan ada beberapa bayi yang sudah punya gigi, namun tumbuh kembang bayi berbeda-beda.

Gigi pertama yang akan tumbuh pada si kecil adalah gigi seri pusat, yaitu gigi yang berada di bagian depan bawah. Lalu setelah itu dilanjuti dengan pertumbuhan gigi lainnya yaang hanya berselang beberapa waktu saja.

Bahkan ada kasus dimana bayi yang baru lahir sudah memiliki satu atau dua gigi. Hal ini disebut dengan natal teeth. Penyebab natal teet diduga karena posisi pembentuk sel-sel gigi berada terlalu dengan dengan gusi. Sehingga membuat si kecil terlihat sudah memiliki gigi.

Natal teeth memang jarang sekali terjadi. Para orang tua pun tidak perlu khawatir karena natal teeth bukanlah kondisi yang berbahaya. Hanya saja dapat menganggu proses menyusui di awal kehidupan si kecil. Karena natal teeth bisa membuat si kecil tidak nyaman dan berujung pada menolak menyusu. Begitu juga pada sisi ibu, bisa membuat puting lecet dan terlukan saat menyusui.

YesDok Ads

Selain itu, gigi bawaan lahir si kecil ini bisa menimbulkan gesekan dengan lidah dan menyebabkan luka atau bisul pada lidah. Serta bisa membuat bayi tersedak saat menyusu.

Bayi yang lahir dengan gigi bawaan dikaitkan dengan kondisi medis tertentu. Khususnya pada bayi baru lahir yang sudah memiliki gigi geraham (molar). Kondisi ini dikaitkan dengan sindrom pfieffer (kelainan genetik), gangguan sel darah putih, bibir sumbing, penyakit pierre-robin dan gangguan pada endokrin. 

(Foto: craigentinny)

YesDok Ads