Bayangan pada Mata Jadi Pertanda Tinggi Kolesterol

May 21, 2022 | Iman

Kolesterol

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol, yakni sejenis lemak, agar berfungsi dengan baik. Namun, memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda dapat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko yang diketahui untuk masalah kesehatan yang parah, mulai dari penyakit jantung hingga stroke.. Namun, membiarkan kadar Anda tidak terdeteksi dapat membahayakan kesehatan kardiovaskular Anda. Salah satu indikator kolesterol tinggi dalam darah Anda bisa jadi eye floaters atau bayangan pada penglihatan.

Floaters adalah bintik-bintik dalam penglihatan Anda dan biasanya terlihat seperti spek hitam atau abu-abu yang melayang ketika Anda menggerakkan mata. Bintik-bintik gelap atau garis-garis dalam penglihatan Anda (floaters) adalah gejala oklusi vena retina.

Retina, menerima suplai darah melalui arteri retina dan vena retina. Ketika vena tersumbat, itu disebut oklusi vena retina. Ketika vena tersumbat, darah dan cairan tumpah ke retina. Ketika ini terjadi, area retina yang disebut makula bisa menjadi bengkak.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa kolesterol tinggi dua kali lebih umum pada orang dengan oklusi vena retina sentral dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kondisi mata. Gejala lain dari oklusi vena retina termasuk perubahan penglihatan pada satu mata, hingga penglihatan kabur.

Gejala

Jika Anda tidak yakin apakah Anda mengalami eye floaters atau tidak, ada beberapa tanda dan gejala yang dapat membantu mengidentifikasi. Floaters dapat mengambil bentuk yang berbeda seperti garis kecil, cincin, bentuk sarang laba-laba atau bentuk tidak beraturan lainnya. Mereka bisa tampak seperti untaian seperti benang, yang bisa menonjol dan hampir tembus pandang.

YesDok Ads

Oklusi arteri retina

Oklusi arteri retina, juga dikenal sebagai stroke, adalah ketika arteri tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan kematian sel saraf di mata yang dapat menyebabkan atau memperburuk kehilangan penglihatan. Seseorang mungkin mendapatkan kembali penglihatan dalam waktu satu tahun setelah oklusi vena retina, tetapi kualitas penglihatan mungkin tidak sama.

Untuk mencegah penyumbatan lain, seseorang harus menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah Anda tetap terkendali. Gaya hidup, diet, kebugaran, dan riwayat keluarga Anda memainkan peran besar dalam menjaga kondisi kesehatan ini tetap terkendali.

Waktu terbaik kunjungi dokter

Jika Anda melihat lebih banyak eye floaters dari biasanya, kilatan cahaya di mata atau kegelapan di sisi mana pun, segera memeriksakannya ke dokter. Penting untuk dicatat bahwa eye floaters tidak harus merupakan gejala kolesterol tinggi.

Umumnya dokter akan mengambil darah dari lengan Anda atau melakukan tes tusukan jari untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.

(Foto: medicinenet)

YesDok Ads