Bau Tak Sedap di Hidung, Kenapa?

October 26, 2021 | Claudia

Sinusitis

Setiap harinya, mungkin kita sering mencium bau tak sedap. Bau tak sedap biasanya berasal dari kotoran, sampah, dan lain-lain. Namun, bagaimana jika bau tak sedap tersebut berasal dari hidung kita?

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan hidung kita mengeluarkan bau tak sedap, yakni:

Sinusitis akut dan kronis

Infeksi sinus yang juga disebut sinusitis, dapat menyebabkan gejala seperti peradangan sinus dan hidung tersumbat, yang bisa mengganggu indera penciuman seseorang.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan bau mulut dan keluarnya cairan yang berubah warna dan berbau tidak sedap di hidung dan belakang tenggorokan, yang semuanya dapat menimbulkan bau tak sedap di hidung.

Sinusitis akut biasanya berlangsung selama sekitar 3-8 minggu, sedangkan kasus kronis biasanya berlangsung lebih dari 8 minggu.

Infeksi mulut atau gigi

Lubang di gigi dapat menjebak bakteri yang melepaskan gas seperti belerang saat terurai. Gigi berlubang biasanya timbul karena kerusakan gigi atau gingivitis, yang dapat mencakup gusi yang meradang atau penyakit gusi.

Gas-gas ini bisa mengeluarkan bau busuk, yang bisa berjalan melalui lubang-lubang kecil di bagian belakang mulut yang terhubung ke sinus dan menyebabkan bau tidak sedap di hidung.

Kurangnya kesadaran akan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut akan membuat sisa-sisa makanan menumpuk di gigi, yang kemudian dapat membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap. 

Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia dapat terjadi ketika aliran air liur tidak cukup untuk membasahi mulut. Air liur memiliki peran dalam menghilangkan mikroba dan partikel-partikel yang tidak diinginkan di dalam mulut. Ini juga bisa menetralkan asam.

Ketika produksi air liur tak cukup, seseorang akan mengalami kondisi yang menyebabkan bau tidak enak di mulut dan hidung. 

Mengonsumsi beberapa jenis makanan, minuman, dan obat-obatan

Makanan dan minuman penuh dengan molekul mikroskopis yang merangsang indera penciuman. Sebagian besar kemampuan kita untuk menikmati rasa dan bau makanan dan minuman bergantung pada molekul yang berjalan ke sinus melalui lorong dekat tempat langit-langit mulut yang terhubung ke hidung.

Semua makanan melepaskan bau saat tubuh kita memecahnya dan mencernanya. Namun sisa-sisa makanan dan minuman tertentu, serta beberapa jenis obat-obatan, mungkin akan tertinggal di dalam mulut, dan memicu keluarnya bau tidak sedap. Beberapa makanan dan minuman, serta obat-obatan yang kemungkinan bisa menyebabkan bau tak sedap baik di mulut dan hidung adalah:

  • Bawang putih dan bawang bombay
  • Kopi
  • Makanan pedas
  • Amfetamin
  • Fenotiazin

Sebagian besar kondisi ini tidak berbahaya, namun, jika bau menjadi lebih parah dan bersifat kronis, maka ini bisa berdampak negatif terhadap kualitas hidup seseorang yang mengalaminya. Perawatan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

(Foto: intermountainhealthcare.org)

YesDok Ads