Bau Napas Tak Segar, Apa Penyebabnya?

March 04, 2022 | Claudia

Bau Napas

Siapa pun tak ingin memiliki masalah bau napas, sebab ini, bisa sangat memalukan!

Ada beberapa hal yang mungkin tanpa kita sadari menjadi penyebab dari masalah bau napas. Anda yang mulai terganggu dengan masalah ini sebaiknya mencari tahu, apa yang menyebabkan napas Anda berbau tidak sedap, dan mulai mengatasi dari penyebabnya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa membuat napas tidak segar dan berbau tidak sedap:

Infeksi pernapasan

Pilek, batuk, dan infeksi sinus dapat menciptakan lendir yang berisi bakteri melalui hidung dan mulut. Hal ini pun dapat memengaruhi bau napas. Bau napas ini biasanya akan menghilang begitu saja ketika Anda telah sembuh dari infeksi pernapasan.

Mendengkur

Mulut akan menjadi kering ketika Anda mendengkur. Inilah yang kemudian menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk para bakteri penyebab bau mulut. Sisa-sisa makanan di gigi juga menjadi penyebab tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu selalu sikat terlebih dahulu gigi Anda sebelum tidur untuk mengurangi pertumbuhan bakteri berlebih.

Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh tidak akan memproduksi cukup air liur. Padahal air liur dapat membersihkan bakteri dari mulut. Hal inilah yang bisa menyebabkan napas menjadi bau. Konsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan bau napas. Ini karena konsumsi obat-obatan ini dapat mengeringkan bagian mulut Anda. Obat-obatan seperti nitrat untuk mengobati kondisi jantung, kemoterapi untuk kanker, dan beberapa alat bantu tidur, melepas bahan kimia yang menjadi penyebab bau napas ketika mereka terpecah dalam tubuh. Hal ini juga dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin.

Diabetes

Jika Anda memiliki diabetes, napas yang bau dapat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda menggunakan lemak sebagai bahan bakar, bukan gula (glukosa). Ini juga dapat berarti tubuh Anda kekurangan hormon insulin, dan Anda harus segera menghubungi dokter.

(Foto: mydr.com.au)

YesDok Ads