Bau Badan Bikin Minder? Atasi Dengan Cara Jitu Ini

February 05, 2023 | Aqiyu

atasi bau badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap adalah hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, bau badan dapat membuat seseorang tidak percaya diri dan minder untuk bertemu dengan orang lain. Bau badan sendiri banyak faktor penyebabnya. Namun, Anda tidak perlu bingung karena bau badan ini bisa diatasi dengan beberapa cara jitu berikut ini:

Rajin mandi

Anda disarankan mandi dua kali sehari setelah berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya. Jika sudah rajin mandi namun tetap bau badan, hal ini biasanya rentan dialami oleh seseorang yang sering berkeringat. Hal ini karena adanya penumpukan bakteri saat kulit berkeringat. Untuk mengurangi bau tak sedap, gunakan sabun antibakteri untuk membunuh bakteri penyebab bau badan yang membandel.

Menjaga badan tetap kering

Setelah mandi pastikan Anda mengeringkan badan dengan benar, terutama di beberapa bagian tubuh yang sering kali berkeringat. Seperti pada bagian ketiak atau selangkangan. Sehingga dapat mencegah kondisi lembab yang bercampur dengan keringat dan menyebabkan bau badan. Pastikan pula Anda mengeringkan tubuh saat berkeringat.

Rutin ganti baju saat berkeringat

Cara satu ini mungkin tampak merepotkan, namun hal ini sangat ampuh untuk mencegah bau badan. Dengan memakai baju yang bersih dapat membantu mengurangi dampak buruk dari reaksi keringat dan bakteri yang bercampur.

Menjaga asupan makanan

Perlu diketahui bahwa ternyata makanan juga dapat memengaruhi bau badan. Hindari mengonsumsi makanan pedas yang dapat memicu derasnya keringat. Serta batasi asupan makanan yang mengandung lemak, berminyak dan memiliki bau yang menyengat seperti bawang yang dapat menyebabkan bau badan. 

YesDok Ads

Memakai deodoran

Deodoran adalah salah satu cara yang bisa dilakukan setiap hari untuk mencegah bau badan apalagi saat Anda banyak menghabiskan waktu diluar ruangan. Deodoran ampuh menangkal bau badan karena mengandung alkohol dan komponen antibakteri yang membuat bakteri tidak berkembang biak.

Segera kunjungi dokter jika Anda mengalami perubahan keluar keringat berlebihan bahkan saat tidur tanpa penyebab yang jelas. Anda tidak berkeringat sama sekali atau sedikit. Lalu, menyadari adanya perubahan pada bau badan yang membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa dengan leluasa.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: advanced dermatology)

YesDok Ads