Diet
+1

Bantu Cegah Penyakit, Ini Manfaat Minum Kopi

April 05, 2023 | Claudia

Manfaat Minum Kopi

Secangkir kopi untuk memulai hari memang menjadi hal yang lumrah dan menyenangkan. Kopi disukai hampir di semua kalangan, dan menjadi minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Tapi, sudah tahukah Anda bahwa manfaat minum kopi secara rutin bisa mencegah berbagai penyakit?

Banyak penelitian dan laporan medis yang telah dipublikasikan, memberikan pandangan yang berbeda mengenai konsumsi kopi. Beberapa penelitian mengatakan, meminum kopi dalam jumlah yang wajar secara teratur memiliki manfaat kesehatan, namun beberapa penelitian lain mengatakan sebaliknya.

Lalu, bagaimana sebenarnya efek kopi terhadap kesehatan? Untuk tetap aman dan membawa banyak manfaat, Anda sebaiknya mengonsumsi kopi dalam batasan yang normal. Mengonsumsi satu atau dua cangkir kecil kopi setiap hari masih merupakan hal yang wajar dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan seseorang akan semakin mudah terpengaruh. Hal ini karena sistem kekebalan kian melemah, tulang, jaringan dan saraf-saraf kita pun juga tak sekuat saat masih berusia muda. Ini membuat kita rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Manfaat Minum Kopi

Manfaat minum kopi disebut-sebut dapat membantu mencegah datangnya penyakit yang terkait dengan pertambahan usia. Lalu, penyakit apa saja yang bisa kita cegah dengan rutin meminum kopi dalam batasan yang normal?

Diabetes

Diabetes merupakan salah satu gangguan metabolisme, di mana tubuh mengembangkan resistensi insulin atau tidak menghasilkan cukup insulin, sehingga memungkinkan kadar gula menjadi lebih tinggi dari keadaan normal. Hal ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan.

YesDok Ads

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society mengatakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam kopi dapat menjaga tingkat metabolisme Anda tetap sehat. Hal ini kemudian bisa menyeimbangkan hormon insulin untuk mencegah diabetes di kemudian hari.

Stroke

Stroke merupakan suatu kondisi yang serius dan bahkan bisa mengancam jiwa seseorang. Saat mengalami stroke jaringan otak seseorang akan rusak karena kurangnya pasokan darah akibat terjadinya pembekuan darah. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi setidaknya secangkir kopi tanpa gula setiap hari dapat menjaga pembuluh darah melebar dan ini sangat bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah yang pada akhirnya mencegah Anda dari serangan stroke.

Alzheimer

Alzheimer merupakan suatu kondisi yang terkait dengan usia, di mana sel-sel otak mulai memburuk yang kemudian memengaruhi memori, fungsi motorik dan keterampilan kognitif seseorang, yang pada akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari dari orang yang mengalaminya. 

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang sel-sel otak untuk tetap sehat dan aktif dalam waktu yang lebih lama, guna mencegah penyakit Alzheimer.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads