Bantu Cegah Anemia, Ini Rekomendasi Buah Penambah Darah

February 20, 2023 | Iman

Buah Penambah Darah

Anemia adalah salah satu kondisi medis berupa rendahnya kadar hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing, pucat, dan mudah lelah. 

Ada beragam hal yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia, salah satunya adalah mengonsumsi buah penambah darah. Di mana, buah ini mengandung mineral mikro yang dibutuhkan dalam menjaga sel darah merah serta meningkatkan produksinya.

Buah Penambah Darah

Berikut merupakan rekomendasi buah penambah darah yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Apel

Rekomendasi buah penambah darah yang pertama adalah apel. Apel memiliki kandungan zat besi yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko anemia. Tak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan, flavonoid, serta serat yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Agar terasa lebih lezat dan menyegarkan, Anda bisa mengolah buah apel menjadi salad buah bersama dengan buah-buahan segar lainnya.

2. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga menjadi jenis buah penambah darah yang aman untuk lambung dan sistem pencernaan karena memiliki tekstur lembut serta mengandung serat tinggi.

YesDok Ads

3. Delima

Buah yang bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah lainnya adalah delima. Buah delima didapati kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

Buah delima juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga memiliki sejumlah manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi peradangan pada sendi, serta meningkatkan sistem imun.

4. Buah Sitrus

Buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C tersebut mampu membantu proses penyerapan zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Buah sitrus biasanya dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, Anda juga bisa mengolah buah sitrus sebagai jus agar lebih menggugah selera.

5. Stroberi

Selain buah sitrus, stroberi diketahui mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Stroberi juga mengandung antioksidan tinggi yang turut melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya adalah sel darah merah, sehingga tidak mudah rusak dan mengalami kematian.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads