Bangun Tidur Langsung Marah-Marah, Kenapa?

December 23, 2021 | Claudia

Bangun Tidur

Apakah Anda sering terbangun dalam keadaan marah tanpa sebab yang jelas?

Depresi, stres, dan terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan pola pikir negatif di pagi hari. Suasana hati yang buruk kemungkinan besar disebabkan oleh kurang tidur, dan konsekuensi lainnya bisa sangat luas.

Saat lelah, seseorang bisa lebih buruk dalam menebak bau, dan cenderung tidak memerhatikan rasa asam. Ada juga masalah halus dengan pendengaran dan penglihatan. Bukti menunjukkan bahwa kelelahan dapat membuat kita melihat dunia melalui filter negatif. Kita cenderung menganggap ekspresi wajah yang netral sebagai negatif, dan kita pun cenderung tidak terpengaruh dan tidak menghargai humor.

Tidak jelas mengapa hal ini bisa terjadi, namun satu penelitian menunjukkan bahwa wilayah spesifik lobus frontal yang biasanya menyaring perasaan negatif terganggu karena kondisi kurang tidur.

Agar Anda tak perlu lagi terbangun dengan perasaan yang buruk, berikut kami coba berikan tips yang bisa Anda lakukan:

Makan dengan menu yang sehat dan porsi yang pas

Para ahli kesehatan sepakat, bahwa apa yang Anda makan di malam hari tidak hanya berdampak pada cara Anda tidur, melainkan juga perasaan Anda keesokan harinya. Bangun dalam suasana hati yang buruk bisa terkait dengan diet dan disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah. Untuk itu, makanlah dengan baik sebelum Anda tidur. 

Mengonsmsi sesuatu yang terlalu manis sebelum tidur, atau makanan tinggi karbohidrat olahan, bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang kemudian menurun drastis di malam hari. Ini bisa membuat Anda merasa lelah dan kehilangan motivasi, yang juga berkontribusi terhadap sifat pemarah. Makanlah 3 jam sebelum tidur dan fokus pada keseimbangan protein dan karbohidrat kompleks.

Pertahankan kadar magnesium

Saat Anda mungkin merasa sulit untuk tidur akibat merasa tegang atau cemas, mungkin ini menunjukkan Anda kekurangan magnesium, yakni mineral penting yang mudah habis karena stres. Magnesium dapat ditemukan di semua sayuran berdaun hijau tua, untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi sayur-sayuran ini setiap hari.

Jangan lewatkan sarapan

Coba lihat lagi kebiasaan sarapan Anda, apakah Anda sudah rutin sarapan setiap pagi? Segera sarapan saat bangun sangat penting untuk meningkatkan mood. Ingatlah untuk menghindari karbohidrat olahan saat sarapan, karena ini bisa membuat gula darah melonjak dan turun dengan cepat, sehingga membuat tingkat energi dan mood juga menjadi rendah atau buruk.

Protein adalah kunci saat sarapan. Makan telur, selai kacang, kacang-kacangan saat sarapan mungkin bagus untuk Anda.

(Foto: fortbehavioral.com)

YesDok Ads