Diet
+1

Baikkah Roti Dikonsumsi Saat Diet Turun Berat Badan?

April 14, 2022 | Claudia

Makan Roti

Saat ingin menurunkan berat badan, kita pasti pernah melihat banyak sekali pantangan makanan, agar penurunan berat badan lebih efektif. Bagaimana dengan roti? Apakah roti termasuk makanan yang harus dihindari jika sedang diet penurunan berat badan?

Roti sudah lama menjadi salah satu pilihan makanan untuk sarapan. Tak hanya itu, roti juga menjadi makanan pokok bagi banyak orang di seluruh dunia. Namun, kandungan karbohidrat dalam roti membuat banyak orang mulai enggan mengonsumsinya, terutama bagi mereka yang sedang diet.

Namun, benarkah roti tidak disarankan untuk seseorang yang sedang menurunkan berat badan?

Nyatanya, tak semua jenis roti “terlarang” saat diet. Roti gandum misalnya, jenis roti ini mengandung biji-bijian yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus memberikan tubuh lebih banyak nutrisi.

YesDok Ads

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang menjalani diet rendah kalori dan mengonsumsi biji-bijian utuh seperti roti gandum, mengalami penurunan lebih banyak jumlah lemak di perut jika dibandingkan dengan mereka yang hanya makan nasi putih dan roti putih.

Biji-bijian utuh menyediakan lebih banyak vitamin, serat, dan mineral dari pada  biji-bijian olahan. Selain roti gandum, jenis roti multigrain juga bisa menjadi pilihan santapan Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan mengonsumsi roti, periksa terlebih dahulu hal-hal di bawah ini agar roti tersebut dapat membantu diet Anda:

  • Roti harus mengandung 100 persen gandum utuh (whole wheat) atau 100 persen biji-bijian utuh (whole grain) atau jika memungkinkan keduanya.
  • Satu potong roti tidak boleh mengandung lebih dari 3 gram gula.
  • Satu potong roti setidaknya harus memiliki 3 gram serat.
  • Daftar komposisi bahan makanan tidak mengandung minyak yang terhidrogenasi, pemanis buatan, atau sirup jagung dengan fruktosa tinggi.

(Foto: ift.org)

YesDok Ads