Baikkah Mangga untuk Ibu Hamil?

May 30, 2019 | Claudia

Kebanyakan dari Anda pasti sudah tak asing dengan hubungan antara mangga muda dengan ibu hamil. Ya, banyak ibu hamil yang mengidam mangga, khususnya mangga muda, pada masa kehamilannya. Melihat larisnya mangga di kalangan ibu hamil, memang apa manfaatnya?

Mangga muda biasanya memiliki rasa yang asam, dan ini bisa membantu ibu hamil terbebas dari rasa mual yang menyiksanya, khususnya ketika ia baru memasuki trimester pertama masa kehamilannya. Namun, tak hanya karena rasanya, mangga juga digandrungi ibu hamil karena mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk tubuh dan janin yang dikandungnya.

Memang apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga, sehingga baik untuk ibu hamil?

Vitamin A

Mangga mengandung vitamin A yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit dan mata dan juga penting untuk pertumbuhan janin, perkembangan jantung, paru-paru, mata, tulang, ginjal, sistem peredaran darah, saraf pusat serta pernapasan bayi yang ada di dalam kandungan.

Namun, pastikan untuk mengonsultasikan apa saja yang Anda makan pada dokter, jangan sampai Anda mengonsumsi vitamin A lebih dari yang direkomendasikan oleh dokter, karena ini dapat meningkatkan risiko cacat pada janin.

Vitamin C

Tak hanya vitamin A, mangga juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh ibu hamil dan anak yang dikandungnya untuk dapat membuat kolagen, protein yang merupakan komponen dalam tulang, tulang rawan, tendon dan kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, membantu tubuh melawan infeksi, memperbaiki jaringan juga menjadi antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan.

Vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung di dalam mangga berperan penting untuk perkembangan janin. Vitamin B6 juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Kandungan ini juga dapat menjaga kadar glukosa tetap sehat serta mencegah beberapa masalah saat bayi baru lahir.

Serat

YesDok Ads

Asupan serat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah konstipasi selama masa kehamilan. Hormon progesteron meningkat selama masa kehamilan, yang dapat menyebabkan relaksasi pada otot-otot tubuh termasuk usus. Jika usus bergerak lebih lamban, maka pencernaan juga berjalan lebih lambat, dan pada akhirnya menyebabkan sembelit.

Kalori

Tingginya kalori pada mangga membuatnya menjadi camilan yang tepat dan sehat bagi ibu hamil di masa kehamilan trimester ketiga. Ini karena saat memasuki bulan kesembilan, kebutuhan kalori pada ibu hamil juga meningkat.

Zat besi

Zat besi dalam buah mangga dapat membantu mencegah terjadinya anemia di masa kehamilan. Tubuh menggunakan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin yang dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selama hamil, tubuh juga memasok darah dan oksigen ke janin, sehingga kebutuhan zat besi juga ikut meningkat seiring dengan naiknya pasokan darah untuk janin.

Kalium

Kandungan kalium sangat berguna bagi wanita yang sering mengalami kram kaki di masa kehamilan. Hal ini karena kalium dapat menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada sel tubuh. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mengirim hantaran listrik saraf dan membantu otot untuk berkontraksi.

Asam folat

Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil guna mencegah cacat otak dan saraf tulang belakang pada bayi yang baru lahir. Nutrisi ini berperan penting untuk memproduksi sel darah merah dan membantu perkembangan tabung saraf janin dan saraf tulang belakangnya.

(Foto: americanbazaaronline.com)

YesDok Ads