Diet
+1

Baik untuk Kulit hingga Tulang, Ini Manfaat Ceker Ayam

June 23, 2022 | Claudia

Manfaat ceker ayam

Ceker ayam, mungkin tak banyak yang menyukai, namun tak sedikit pula yang suka menyantapnya. Layaknya bagian tubuh ayam lainnya, ceker ayam bisa diolah menjadi berbagai macam hal, mulai dari sup hingga menjadi keripik.

Selain memberikan rasa kenyang dan kenikmatan saat dikonsumsi, tentu kita mengharapkan adanya manfaat kesehatan dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Lalu, adakah manfaat kesehatan di balik ceker ayam?

Mengandung banyak kolagen

Tahukah Anda bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang tinggi? Kadar kolagen alami dalam ceker ayam, mirip dengan kadar kolagen yang terkandung dalam sayuran hijau dan buah-buahan. Kolagen diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang, melindungi lapisan saluran cerna, dan meningkatkan fungsi tubuh.

Menjaga kesehatan gusi

Manfaat ceker ayam lainnya adalah memperkuat jaringan gusi yang berguna untuk menopang gigi. Apabila tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya, ini bisa berpengaruh pada kesehatan gusi. Ceker ayam dapat membantu menjaga kesehatan gusi, berkat kandungan asam amino, kolagen, dan beberapa zat gelatin. Ketiga zat ini bisa membantu menyehatkan gusi yang tentunya akan berdampak baik untuk kesehatan mulut secara menyeluruh.

YesDok Ads

Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Terdapat beberapa kandungan mineral dalam ceker ayam, seperti magnesium, kalsium, dan fosfor, yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan saraf, jantung, dan pencernaan, juga mendorong sirkulasi darah yang sehat. Kaldu dari ceker ayam juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kita butuhkan di masa pandemi seperti ini.

Mencegah kerapuhan tulang

Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami penurunan fungsi. Salah satu manfaat ceker ayam adalah mencegah kerapuhan tulang, yang mungkin terjadi saat seseorang menginjak usia lanjut. Mengonsumsi ceker ayam secara teratur akan memastikan tubuh mendapatkan asupan protein, kalsium, dan kolagen, yang berguna untuk memperkuat sendi dan mencegah kerapuhan tulang saat usia lanjut.

(Foto: vecteezy.com)

YesDok Ads