Baik Untuk Diet, Buah Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

May 15, 2021 | Aqiyu

alpukat

Rutin mengonsumsi buah adalah salah satu cara untuk mulai menerapkan hidup sehat. WHO merekomendasikan mengonsumsi buah sebanyak 5 porsi atau setara dengan 400 gr buah dan sayur setiap harinya.

Buah-buah memang mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbicara manfaatnya tentu sangat banyak dan buah dapat membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini sangat baik bila dikonsumsi untuk diet. Apalagi, sudah dapat dipastikan segala macam jenis buah memiliki kadar lemak dan gula yang rendah.

Berikut buah yang bikin kenyang lebih lama dan dapat membantu mengontrol asupan nutrisi harian:

Apel

Kandungan zat kitin merupakan golongan serat yang menyebabkan tidak mudah lapar. Jika Anda ingin mengonsumsi apel, sebaiknya tidak dikupas. Sebab, kulit apel mengandung tinggi serat dan fitokimia. Memakan 1 buah apel dengan kulitnya setara dengan mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gr. Saat diet, apel dapat dikonsumsi setengah jam sebelum anda makan. Hal ini bisa membantu Anda makan lebih sedikit.

Alpukat

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Nutrition Journal mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat bisa membuat seseorang kenyang lebih lama selama berjam-jam. Sebab, kandungan serat dan lemak yang tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Anda bisa bebas mengonsumsi alpukat selama diet tanpa takut gemuk.

YesDok Ads

Pisang

Pisang mengandung serat yang tinggi yakni sebanyak 3,1 gr per buah. Pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan gizi tubuh dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sebaiknya Anda menambahkan pisang dalam menu diet jika diet ingin berhasil.

Raspberry

Serat yang terkandung dalam raspberry sekitar 8 gram atau setara dengan 1/3 kebutuhan serat harian Anda. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi raspberry bisa meningkatkan leptin atau hormon yang dapat membuat kenyang lebih lama.

Pepaya

Pepaya juga dapat membuat seseorang tidak mudah lapar. Pada 100 gram pepaya mengandung serat sekitar 1,3 gram. Pepaya dapat membantu mengatasi sembelit, mengurai protein dalam usus, mempercepat penyembuhan luka dan proses pencernaan protein.

YesDok Ads