Bahayanya Konsumsi Kacang-Kacangan Secara Berlebihan

May 27, 2020 | Iman

Kacang

Di Indonesia, kita akrab dengan Kue-kue yang dijadikan camilan dan kue tersebut diantaranya banyak menggunakan olahan kacang sebagai bahan utama. Kacang dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan.

"Kacang baik bagi kesehatan jantung, rendah kolesterol dan membantu penurunan berat badan," kata ahli nutrisi Jerlyn Jones.

Lantas bagaimana jika kacang dikonsumsi berlebihan?

Menurut Jones, kacang kaya akan protein, serat, lemak sehat, vitamin, mineral, antioksidan, dan energi tambahan. Sifatnya yang mudah dipadukan sebagai makanan olahan lain jelas menjadi daya tarik tersendiri. Di samping itu, Anda tetap perlu memerhatikan beberapa potensi kekhawatiran yang terkandung di dalamnya.

Jones memperingatkan bahwa umumnya kita terlalu mudah menyepelekan kacang, terutama sebagai makanan ringan. Sebagai takaran, Jones menyebut batas maksimal konsumsi kacang dalam sehari sekirar 1/4 gelas. Jadi apakah kacang itu sehat, jelas tergantung Anda sendiri.

Potensi Penambahan Berat Badan

Kacang dapat membantu penurunan berat badan tetapi perlu digarisbawahi ini hanya berlaku jika Anda mengonsumsi kacang dalam jumlah normal. Makan kacang berlebihan justru memiliki efek sebaliknya.

Kacang adalah makanan padat kalori yang mengeyangkan. Menurut Jones bahkan kacang memilki lebih banyak energi per ons dibanding makanan lain. Jika makanan lain mengandung 100-300  kalori persajian, kacang mungkin setara mendekatinya. Jadi sebaiknya memperhitungkan kalori ekstra apabila gemar menambahkan kacang pada camilan harian Anda.

YesDok Ads

Masalah Perut dan Pencernaan

Jika Anda pernah merasa perut Anda kembung setelah makan kacang, ini adalah efek diantaranya. Kacang memilili senyawa fitat dan tanin yang membuatnya sulit dicerna. 

"Bahkan terlalu banyak kacang dalam waktu berdekatan dapat berefek diare," kata seorang nutrisi lain, Alan R. Gaby.

Kacang Menyebabkan Keracunan

Kacang merupakan salah satu sumber selenium terbaik, terutama kacang Brasil. Namun terlalu banyak mineral selenium bisa berefek seperti keracunan.

Satu porsi 1 ons kacang Brasil mengandung hampir 10 kali jumlah selenium harian yang direkomendasikan (55 mikrogram). Keracunan selenium dapat membuat kuku menjadi rapuh, napas tidak sedap, bahkan memicu otot dan persendian yang sakit. 

"Direkomendasikan agar menaruh kacang pada wadah kecil jika Anda hendak makan sehingga mengetahui ukuran porsi agar semuanya dalam batas aman," Jones menambahkan.

(Foto: healthline)

YesDok Ads