Bahayanya Konsumsi Garam Berlebih pada Makanan

December 12, 2019 | Iman

Garam, selain gula, adalah salah satu penyebab terbesar dalam pola diet kita. Makanan di belahan Asia, khususnya kaya akan penggunaan garam dan sulit untuk benar-benar menentukan berapa jumlah takaran yang ideal dan sehat untuk dikonsumsi. Sebagaimana sebuah penelitian pernah menyebut terlalu banyak garam tidak hanya dapat merusak rasa,  tetapi juga menyebabkan hipertensi.

 
Meskipun seseorang tidak dapat mengecek kondisi kesehatannya setiap hari, namun umumnya tubuh dapat member tanda-tanda apabila ada yang tidak beres pada tubuh.


Dilansir Times of India, berikut adalah beberapa tanda yang harus Anda waspadai jika terlalu banyak komsumsi garam.

 
1. Mudah Haus

Keinginan atau kecanduan garam dapat membuat Anda menderita sindrom mulut kering. Kelebihan kandungan natrium dapat menghambat keseimbangan cairan tubuh dan akibatnya memaksa Anda mengalami masalah hidrasi. Ini adalah sinyal yang jelas bahwa tubuh membutuhkan untuk seimbang dengan mengurangi sedikit garam.

 
2. Sering Sakit Kepala

Jika sakit kepala ringan dan kronis telah memengaruhi Anda, itu mungkin pertanda serius terkait asupan garam. Sakit kepala dapat disebabkan oleh dehidrasi yang dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki asupan cairan kala timbul dehidrasi.

YesDok Ads


3. Makan Menjadi Hambar

Garam memang penyedap rasa yang mungkin berguna bagi masakan Anda, tapi perlu diketahui jika tubuh Anda juga dapat beradaptasi pada kandungan garam yang sewajarnya pada makanan ketika dikonsumsi. Gejala ini yang biasanya menyebabkan suatu makanan menjadi terkesan hambar.

 
4. Bengkak di Area Tubuh

Asupan garam dapat mempengaruhi mekanisme retensi air alami tubuh. Pada gilirannya, idapat mendorong tubuh untuk menahan air dan menyebabkan kondisi seperti edema yang membuat bagian tubuh seperti bengkak. Cobalah perhatikan tanda-tanda pembengkakan, terutama pada bagian wajah dan ekstremitas bawah.

 
5. Nyeri dan Kram

Seseorang mungkin tidak menyadarinya bahwa makan garam berlebihan juga dapat merusak kesehatan tulang Anda. Terlalu banyak garam bisa menyulitkan tubuh untuk mengeluarkan dan menyebabkan kehilangan penyerapan kalsium yang signifikan. Tentu gejala ini dapat menyebabkan masalah kronis seperti tulang yang lemah, kram, hingga persoalan nyeri.

(Foto: japantimes)

YesDok Ads