Bahayakah Muncul Ambeien Usai Melahirkan?

November 15, 2020 | Aqiyu

pasca melahirkan

Mendengar tangisan bayi pertama kali adalah momen yang sangat mengharukan dan dinantikan. Usai melahirkan, banyak perubahan yang terjadi terutama pada tubuh wanita. Salah satunya adalah muncul ambeien pasca melahirkan.

Ambeien sendiri merupakan kondisi dimana terdapat benjolan pada dubur atau anus yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah. Ambeien sangat menganggu, bahkan akan terasa nyeri hingga mengeluarkan darah saat buang air besar. Pada umumnya, ambeien lebih banyak dialami oleh pria mampun wanita dengan usia 45 tahun ke atas.

Meski hal tersebut tidak terjadi pada semua wanita setelah melahirkan, Anda harus mengetahui apa penyebab yang memicu munculnya ambeien. Ambeien yang muncul pasca melahirkan disebabkan oleh tekanan saat mengejan selama proses persalinan normal. Mengejan membuat pembuluh darah di sekitar dubur mendapat tekanan yang kuat sehingga aliran darah terhambat.

Akibatnya, memicu pembengkakan. Selain hal tersebut, ambeien yang timbul pasca melahirkan normal bisa juga disebabkan oleh sembelit selama masa kehamilan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ambeien tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 minggu atau 6 minggu pasca melahirkan. Tentu tidak nyaman, saat pemulihan pasca melahirkan dan disertai oleh ambeien.

YesDok Ads

Ambeien bisa cepat hilang dengan perawatan yang tepat. Caranya, pastikan area dubur selalu dalam kondiis bersih, Anda bisa mengompresnya menggunakan ice pack. Anda juga wajib memmenuhi kebutuhan air minum harian dan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Cara lain untuk mengatasi ambeien yang muncul pasca melahirkan adalah dengan cara melakukan senam kegel secara teratur.

Senam kegel dapat membantu menjaga stamina dan kestabilan berat badan. Selain itu, senam kegel dapat memperlancar sirkulasi darah di area anus sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan ambeien. Hal lainnya yang harus Anda perhatikan agar tidak memicu ambeien semakin parah adalah jangan menahan buang air besar. Ketika menahan BAB, tinja akan menjadi keras dan saat membuangnya akan terasa sakit dan sulit.

 

(Foto: new kids center)

YesDok Ads