Bahaya Sentuh Bayi Secara Sembarangan

June 16, 2022 | Kaifia

Bayi di keranjang

Rasanya gemas ketika kita lihat bayi dan wajar terkadang untuk mencubit pipi atau lengannya yang menggemaskan namun tahukah Anda bahwa kita tidak boleh mencubit atau menyubit bayi sembarangan? 

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya setengah dari orang dewasa mengalami perasaan untuk cenderung mencubit hal yang kita lihat lucu atau dikenalnya dengan istilah Cute Aggression. 

Tetapi perlu kita ketahui bahwa mencubit si kecil sembarangan dapat mempengaruhi dampak buruk bagi nya?

Kenapa begitu?

Day Day News melansir bahwa sering mencubit bayi dapat memicu perkembangan struktur wajahnya dan menyebabkan wajah bengkok serta displasia gigi.

Tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang dan tulangnya masih rapuh. Selain kecenderungan untuk mencubit, sering memutar pipi bisa menyebabkan perkembangan asimetris dari rahang kiri dan kanan si bayi.

Mengapa menyentuh bayi sembarangan bisa berbahaya?

YesDok Ads

Selain mencubit, hindari juga menyentuh si kecil secara sembarangan.

Infeksi herpes pada si bayi rentan terjadi ketika adanya sentuhan tak sengaja dengan orang asing atau infeksi kuman lainnya. 

Jenis herpes bayi umumnya dikenal dengan herpes neonatus. Mereka sering muncul sebagai lepuh kecil berisi cairan.

Herpes neonatus dapat berdampak serius atau fatal terutama saat kita mengetahui bahwa sistem kekebalan si bayi belum cukup berkembang untuk melawan infeksi. 

Apa gejala umumnya?

  • Demam tinggi
  • Ruam dan luka pada kulit
  • Lesu

Meskipun rasanya gemas saat melihat si bayi dan timbul dorongan untuk menyentuh atau mencubitnya, disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan hindari cubitan terlalu sering dan keras. 

YesDok Ads