Bahaya MPASI Terlalu Dini Bagi Bayi Dibawah 6 Bulan

March 30, 2019 | Aqiyu

Memenuhi asupan bagi sang buah hati memang kewajiban seorang ibu. Agar sang buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik, apapun akan dilakukan sang ibu demi bayinya. Hal ini mendorong tidak sedikit ibu-ibu memberikan selain ASI padahal si bayi belum waktunya menerima asupan lain.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa kasus sang ibu yang memberikan pisang pada bayinya yang baru berusia 1-2 bulan. Memberikan bayi makan selain ASI sangatlah berbahaya untuk bayi. Karena bayi yang belum genap berusia enam bulan sistem pencernaannya belum terbentuk sempurna. Bayi akan terserang gangguan pencernaan seperti diare atau konstipasi. Sehingga memberikan selain ASI seperti makanan padat tentu membahayakan kondisi bayi.

Pemberian makan selain ASI untuk bayi dibawah enam bulan hanya boleh dilakukan ketika bayi mengalami masalah pada kenaikan berat badan atau anak kerap kali terkena infeksi. Itu pun tetap dibawah pengawasan dokter.

Bahaya lain jika memberikan makan bayi dibawah enam bulan adalah tersedak. Bayi dibawah enam bulan, lidah dan mekanisme menelan belum sempurna. Jadi makanan yang diberikan pun hanya akan bersarang di dalam mulut seperti menempel pada gusi.

YesDok Ads

Hal ini pun didukung oleh belum bisanya bayi untuk mengangkat kepala dan mempertahankan posisi duduk. Untuk dapat menelan dengan baik, kerongkongan bayi haruslah tegak.

Selain itu, obesitas dan bahaya alergi pun mengintai kesehatan bayi Anda. Pemberian makanan yang terlalu dini tidak diimbangi dengan kesiapan daya usus untuk menyaring. Kekebalan bayi yang tergolong masih belum sempurna tidak bisa memerangi bakteri dan kuman yang dibawa oleh makanan padat, seperti yang dilansir clevelandclinic.org.

Bayi dibawah enam bulan tentu belum tumbuh gigi. Hal tersebut menandakan bahwa bayi hanya siap untuk menghisap bukan menguyah.

Jadi, sebaiknya sebagai orang tua, Anda patut memahami kebutuhan bayi Anda. Jika bayi Anda rewel, Anda hanya perlu memberikannya ASI atau susu formula dan menenangkannya. Jangan terburu-buru untuk memberikan makanan padat pendamping ASI (MPASI) karena semua akan ada waktunya sendiri.

YesDok Ads

Related Tags