Bahaya Minum Soda Tanpa Sendawa

July 17, 2022 | Aqiyu

Bahaya Minum Soda Tanpa Sendawa

Beberapa waktu lalu sempat viral di dunia maya tantangan minum soda tanpa bersendawa. Padahal bersendawa setelah minum soda adalah hal yang wajar terjadi dan Anda tidak perlu malu melakukannya. Justru menahan sendawa setelah mengonsumsi soda sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Sendawa setelah minum soda itu berarti menandakan mekanisme tubuh Anda sedang bekerja melepaskan kelebihan gas dalam sistem pencernaan. Karena bukan hanya saat mengonsumsi makanan atau minuman bersoda, ketika Anda makan dan minum air yang ikut masuk ke dalam tubuh juga adalah sejumlah udara yang mengandung oksigen dan nitrogen. Begitu juga pada kandungan minuman bersoda yang mengandung karbondioksida. Semakin banyak soda yang Anda minum maka semakin banyak gelembung karbondioksida yang masuk ke pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan Anda bersendawa. Jadi, tidak perlu heran jika Anda bersendawa setelah minum soda. 

Berikut ini deretan bahaya yang mengancam kesehatan jika Anda menahan sendawa setelah minum soda:

Memicu racun

Minum soda tanpa bersendawa bisa memicu  munculnya racun endogen atau bakteri gram negatif lipopolisakarida (LPS). Hal ini dipicu adanya penumpukan zat berbahaya pada dinding usus kecil. Selain itu, munculnya racun akibat penumpukan gas dalam tubuh bisa masuk ke darah hingga memengaruhi sel tubuh.

YesDok Ads

Meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah

Menahan sendawa akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang berpengaruh pada denyut jantung dan tekanan darah Anda. Penumpukan gas dalam tubuh bisa mengalami peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan begitu, jantung dan tekanan darah akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kerusakan lambung

Gas karbondioksida yang tidak dikeluarkan akan terperangkap di lambung. Bahayanya hal tersebut memicu tekanan di lambung menjadi besar. Akibatnya, bisa mengurangi pasokan darah ke lambung. Sehingga lambung akan mengalami kelainan dan bisa terjadi kerusakan pada lambung.

(Foto: medical news today)

YesDok Ads