Diet
+1

Bahaya Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat

September 27, 2021 | Aqiyu

diet ketat

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, berat badan tentu harus dijaga. Tapi sayangnya, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Bahkan beberapa orang nekat menjalankan diet ketat hingga minum obat diet agar berat badan turun dengan cepat. Lalu, berbahayakah menurunkan berat berat badan dengan cepat?

Menurunkan berat badan dengan drastis dan ekstrem dalam waktu yang singkat sangat dilarang. Sebab, menurunkan berat badan dalam sekejap bisa memengaruhi kesehatan. Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan sebaiknya mengetahui berapa banyak berat badan yang boleh dibuang sesuai dengan waktunya. Dilansir dari laman Kemenkes, Penurunan berat badan  yang dianjurkan adalah 0,5-1 kg setiap minggu secara bertahap dengan pembatasan energi lebih kurang 500 kkal setiap hari.

Jika penurunan berat badan dilakukan secara cepat dan drastis maka dapat menyebabkan hal sebagai berikut:

Kehilangan Massa otot

Hingga saat ini masih banyak orang yang gagal paham mengenai diet. Orang yang menjalankan diet berniat membuang lemak yang menumpuk untuk menurunkan berat badan. Bukan membentuk massa otot agar tubuh lebih proporsional. Diet ketat dan menurunkan berat badan secara drastis akan membuat Anda kehilangan massa otot.

Membuat kekurangan nutrisi

Banyak pola diet yang menjanjikan hasil yang instan dan menganjurkan perubahan pola makan. Padahal mengubah atau mengurangi makanan yang mengandung nutrisi bisa menyebabkan kekurangan nutrisi, membuat tubuh lemah dan masalah kesehatan lainnya.

YesDok Ads

Amenorea

Amenorea atau berhentinya menstruasi pada wanita bisa terjadi jika penurunan berat badan berlangsung cepat. Mengurangi asupan kalori harian secara signifikan dapat mengacaukan siklus menstruasi dan menghambat produksi hormon yang diperlukan untuk ovulasi.

Berat badan naik kembali

Hasil diet yang cepat kerap kali tidak berkelanjutan dan dijaga. Rasa puas dengan hasil yang cepat bisa membuat orang terlena dan biasanya berat badan yang hilang akan kembali dengan cepat pula bahkan bisa bertambah dari berat badan sebelumnya.

Memperlambat metabolisme

Perubahan pola makan yang mendadak akan membuat tubuh kaget dan tidak mampu beradaptasi terlebih dahulu. Mengurangi kalori secara berlebihan dan menurunkan berat badan dalam waktu singkat justru bisa membuat metabolisme melambat.

(Foto: times of india)

YesDok Ads