Diet
+1

Bahaya Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

February 14, 2022 | Aqiyu

penurunan berat badan

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal dan tubuh yang proposional? Hal tersebut rasanya menjadi dambaan sebagian besar orang. Namun, banyak yang tidak menikmati prosesnya sata menurunkan berat badan dan menginginkan hasil yang cepat dan instan. Padahal, menurunkan berat badan dengan cepat memiliki risiko yang bahaya bagi kesehatan.

Disamping itu, biasanya berat badan yang turun dengan cepat akan cepat pula kembali ke berat badan awal karena proses yang tidak alami. Bahkan tidak jarang, berat badan naik melebihi berat semula. Mengutip dari Kemenkes, penurunan Berat Badan yang dianjurkan adalah 0,5-1 kg setiap minggu secara bertahap dengan pembatasan energi lebih kurang 500 kkal setiap hari.

Jika penurunan berat badan dilakukan secara cepat dan drastis maka dapat menyebabkan kehilangan sejumlah besar air, elektrolit, mineral, jaringan otot dan protein yang berada di jaringan lemak bebas. Hal ini berisiko terhadap terjadinya kelelahan, dehidrasi, terganggunya daya tahan dan keseimbangan elektrolit serta amenorea (berhentinya menstruasi pada wanita).

Penurunan berat badan yang terlalu cepat terjadi akibat kekurangan kalori yang ekstrem. Dimana pengurangan kalori ini dikenali oleh tubuh sebagai pasokan makanan terbatas dan tanda rasa lapar. Saat tubuh menerima sinyal lapar, metabolisme pun akan melambat. Tak heran jika semakin banyak berat badan yang hilang maka semakin lambat pula metabolisme tubuh.

YesDok Ads

Agar asupan kalori tetap aman bagi tubuh, sebaiknya Anda tidak mengurangi kalori secara ekstrem atau lebih dari 500 kalori. Anda bisa mulai mengurangi makanan sedikit demi sedikit supaya tubuh pun memiliki waktu untuk beradaptasi dengan perubahan asupan yang masuk ke tubuh.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa penurunan berat badan yang cepat tidak mengikis timbunan lemak dalam tubuh. Melainkan menghilangkan massa otot, dimana kehilangan massa otot dapat memperlambat metabolisme tubuh. Jadi, kehilangan massa otot berarti Anda akan membakar lebih sedikit kalori setiap hari.

(Foto: the press free)

YesDok Ads