Bahaya Mengonsumsi Garam Berlebihan

February 05, 2023 | Iman

bahaya konsumsi garam berlebihan

Batas konsumsi garam untuk orang dewasa yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah tidak lebih dari 2.000 mg/hari. 

Apabila konsumsi garam melebihi batas yang dianjurkan, hal tersebut dapat meningkatkan risiko berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kejang otot, hingga penyakit jantung. Berikut bahaya konsumsi garam berlebihan.

1. Dehidrasi

Garam mengandung senyawa natrium yang dapat menarik serta menahan air di dalam tubuh. Kadar garam yang terlalu tinggi membuat tubuh memerlukan lebih banyak cairan untuk membersihkan jaringan dan sel-sel di dalamnya. Bila kebutuhan cairan tidak tercukupi, kondisi ini berisiko menyebabkan dehidrasi.

2. Meningkatkan Risiko Hipertensi dan Penyakit Jantung

Kondisi ini terjadi dikarenakan kandungan natrium pada garam dapat menarik cairan masuk ke pembuluh darah sehingga meningkatkan volume darah di dalam tubuh yang kemudian menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah.

Jika terjadi secara terus-menerus, kondisi tersebut akan memaksa jantung untuk bekerja ekstra dalam memompa darah ke seluruh tubuh. 

3. Memicu Demensia Vaskular

Demensia vaskular merupakan kondisi medis berupa penurunan fungsi kognitif yang dipicu oleh gangguan aliran darah ke otak. Ada berbagai macam faktor yang bisa meningkatkan risiko demensia vaskular, salah satunya adalah konsumsi garam berlebih.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, kadar garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menarik cairan lebih banyak ke pembuluh darah. Kondisi tersebut menyebabkan jantung perlu bekerja ekstra untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Apabila terdapat plak atau kerusakan pada pembuluh darah, plak tersebut dapat terbawa oleh aliran darah menuju ke pembuluh darah yang lebih halus dan berisiko menyebabkan aliran darah tersumbat, termasuk aliran darah menuju otak yang dapat memicu terjadinya stroke.

YesDok Ads

4. Mengganggu Fungsi Ginjal

Kebanyakan garam menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Hal ini terjadi karena kadar garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan proses pembuangan protein melalui urine. Akibatnya, ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring protein dan menghasilkan urine.

Penurunan fungsi ginjal yang terjadi dalam waktu lama bisa menyebabkan edema atau penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh, seperti tangan, lengan, dan pergelangan kaki.

5. Meningkatkan Risiko Kanker Lambung

Sejumlah studi menunjukkan bahwa bahaya mengonsumsi garam berlebihan turut meningkatkan risiko kanker lambung. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancers (Basel) menyebutkan bahwa asupan garam berlebih dapat menyebabkan peradangan di dalam saluran cerna. Kondisi ini bisa memicu terjadinya pertumbuhan sel kanker pada lambung terutama pada orang yang terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.

Berikut adalah penjelasan bahaya konsumsi garam berlebihan. Simak informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: womens health)

YesDok Ads