0 Point
makan banyak

Bahaya Makan Banyak Saat Sahur Bagi Penderita Maag

Sahur adalah waktu untuk makan dan minum sebelum memulai puasa. Itu kenapa sahur merupakan kunci penting agar anda tetap berenergi sampai berbuka puasa. Namun bukan berarti Anda harus makan banyak saat sahur untuk dapat kuat berpuasa seharian. Yang hal yang harus anda perhatikan untuk kenyang lebih lama bukankah jumlah atau porsi makanannya tetapi jenis makanan.

Anda tidak dianjurkan untuk melewatkan sahur, selama berpuasa anda tetap harus memiliki cadangan nutrisi dan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Tips agar kuat berpuasa seharian pilihlah jenis makanan yang dapat membuat anda kenyang lebih lama. Contohnya adalah makanan jenis karbohidrat kompleks, protein dan serat. Meski Anda mengonsumsi banyak makanan tapi jika ketiga nutrisi tersebut tidak tersedia di piring Anda hal tersebut tidak menjamin Anda kenyang lebih lama.

Apalagi jika anda menderita penyakit maag karena berpuasa harus menahan makan dan minum seharian, mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dalam satu waktu bukanlah hal yang baik. Hal ini justru dapat memicu timbulnya penyakit maag karena membuat lambung bekerja lebih keras dari biasanya. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks protein dan serat dapat anda temui pada nasi merah, roti gandum, oatmeal, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

Jenis makanan ini juga mengandung serat yang banyak memberikan manfaat untuk Anda yang berpuasa. Bagi penderita maag hindari pula sahur dengan makanan yang berbumbu pedas dan asam agar tidak mengiritasi saluran cerna Anda. Anda juga bisa mencoba Makanan yang diolah secara direbus, dikukus, tumis atau panggang untuk mencegah maag kambuh saat berpuasa. 

Selain makanan perhatikan pola asupan cairan saat sahur. Tantangan puasa bukan hanya menahan lapar tetapi juga menahan haus Sehingga anda tidak boleh meremehkan asupan cairan sebelum Anda berpuasa. Cobalah terapkan rumus 2-2-2-2 untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. Andai dapat minum dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas saat Tarawih dan 2 gelas sebelum tidur.

(Foto: season medical)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok