0 Point
BAB

Bahaya! Ini Akibat Menahan Buang Air Besar

Frekuensi buang air besar (BAB) setiap orang berbeda-beda. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus berapa frekuensi seseorang BAB per hari. Kebiasaan BAB dapat dikatakan sangat individual. Tapi, kebiasaan menahan buang air besar nampaknya pernah dilakukan oleh sebagian besar orang.

Padahal menahan buang air besar adalah kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius. Anda harus mewaspadai dampak buruknya yang terjadi bila hal tersebut seringkali Anda lakukan. Berikut bahaya menahan buang air besar:

Dua jam pertama

Menahan buang air besar hingga lebih dari dua jam dapat membuat perut keras, timbul tekanan pada perut dan membuat Anda merasa terengah-engah. Dr Niket Sonpal, asisten professor klinis di Touro College of Osteopathic Medicine di New York mengatakan bahwa tekanan dalam perut ini digambarkan sebagai kram perut.

Enam jam selanjutnya

Setelah menahannya lebih dari enak jam, mulas atau keinginan untuk buang air besar akan hilang. Namun, kotoran tetap menumpuk dan mengeras di usus besar. Penumpukan yang terjadi akan memengaruhi tekstur feses menjadi tidak normal dan memicu sembelit. Parahnya lagi, tubuh Anda akan lebih banyak menyerap air dari kotoran.

Setelah 12 jam

Semakin lama Anda menahan untuk tidak buang air besar, maka akan semakin lama feses ditahan dalam tubuh dan semakin sulit dikeluarkan. Hal ini dapat membuat perut Anda menjadi buncit dan gejala sembelit akan lebih mudah dirasakan.

Jika terlalu lama

Feses akan semakin keras membatu. Bahkan untuk mengeluarkannya Anda membutuhkan pencahar atau alat bantu untuk mengeluarkannya. Selain itu, jika terlalu sering menahan buang air besar, dapat menyebabkan penyakit serius seperti ambeien, impaksi feses, infeksi bakteri, kanker usus, peregangan pada rektum hingga obstruksi usus.

Jika sembelit terlanjur dialami, cara mengatasinya tanpa obat adalah mengonsumsi makanan tinggi serat. Anda dapat meningkatkan asupan serat sebanyak 20-35 gr setiap harinya. Asupan serat yang cukup dapat melunakkan feses dan mempermudah feses keluar.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok