0 Point
Bahaya Dari Diet Instan

Bahaya Dari Diet Instan

Banyak tergiur dengan diet instan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Diet instan kebanyakan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang merugikan. Alih-alih ingin kurus cepat, malah justru menimbulkan penyakit serius. Berikut ini deretan bahaya dari diet instan yang tidak boleh dicoba:

Daya tahan tubuh menurun

Pembatasan asupan kalori memang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, ternyata pembatasan kalori yang signifikan dapat membuat sistem kekebalan daya tahan tubuh menurun. Bila sistem imunitas tubuh menurun maka Anda akan rentan terkena berbagai penyakit.

Memicu penyakit maag

Pola makan yang berantakan dan menu makanan yang tidak seimbang sangat mudah untuk memicu timbulnya penyakit maag. Konsumsilah makanan diet yangs ehat dengan jam makan yang tetap teratur. 

Risiko anemia meningkat

Diet yang salah adalah diet yang hanya fokus pada mengurangi porsi makan tanpa memerhatikan asupan gizi yang diperoleh. Itu kenapa diet instan dapat meningkatkan risiko anemia. Biasanya diet yang salah membuat tubuh tidak memperoleh pasokan gizi dan zat besi yang cukup. 

Malnutrisi

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga dapat mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Diet instan dapat membuat Anda kehilangan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena diet instan tidak menghitung berapa banyak kalori dan nutrisi lainnya yang wajib terpenuhi setiap harinya.

Gampang lelah

Diet asal-asalan dapat membuat tubuh Anda cepat lelah. Karena diet instan yang Anda jalani memengaruhi keseimbangan fungsi organ dalam tubuh. Saat asupan nutrisi Anda tidak lengkap dan seimbang maka tubuh akan lemas.

Gangguan hormonal

Pola makan yang salah saat melakukan diet dapat memicu terjadinya gangguan hormonal, salah satunya adalah gangguan pada sistem endokrin. Sistem endokrin ini adalah jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon untuk mengontrol banyak fungsi penting pada tubuh. Jika sistem endokrin ini terganggu kinerja maka dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit serius.

Hilangnya massa otot

Sudah bukan rahasia lagi diet yang ketat adalah diet instan yang ekstrem. Diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan hingga 800 kalori per hari. Berarti Anda akan kekurangan protein. Dengan pola makan seperti ini secara terus menerus maka tubuh akan mengambil protein dari otot untuk sumber energinya. Pada akhirnya, massa otot akan menurun.

(Foto: entrepreneurs)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok