Bahaya Brexting, Saat Menyusui Sambil Main HP

November 09, 2020 | Aqiyu

menyusui

Di zaman sekarang, handphone atau gawai seakan tidak bisa lepas dari gengaman. Bahkan ada beberapa orang yang merasa sangat tergantung pada gawai. Tidak terkecuali ibu menyusui, kini tidak sedikit wanita yang bermain HP saat menyusui si kecil. Menyusui sambal bermain HP disebut juga brexting atau breasfeeding while texting.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh California Polytechnic State University Amerika Serikat menyebutkan bahwa seperempat partisipan wanita mengaku menggunakan ponsel, laptop dan menonton TV saat menyusui. Atau aktivitas lainnya seperti membuka social media, membalas email dan belanja online dan berselancar di internet.

Partisipan tersebut membeberkan alasan mengapa menghabiskan waktu menyusui dengan menggunakan gawai. Hal ini disebabkan waktu menyusui si kecil yang lama pada bayi baru lahir hingga enam bulan. Ditambah waktu menyusui sekitar 6-8 kali dalam sehari.

Bermain handphone saat menyusui si kecil memang tidak ada larangannya. Namun kegiatan yang dianggap sepele ini bisa berdampak negatif tanpa Anda sadari. Aktivitas denga gawai saat menyusui bisa menggangu tumbuh kembang dan bonding ibu dan anak. Karena bayi akan mempelajari ekspresi ibu dan visualnya adalah bagian penting dari tumbuh kembang bayi. 

YesDok Ads

Ekspresi ibu selama menyusui akan terekam oleh bayi hingga membentuk ikatan. Terlebih menyusui merupakan salah satu cara ibu dan anak mempererat ikatan. Sedangkan selama brexting biasanya ekpresi wajah ibu cenderung datar dan tidak banyak melakukan kontak mata terhadap si kecil. Nah, jika si kecil tidak menerima ikatan emosional yang baik dengan ibunya, maka bisa mengganggu perkembangan otak. Parahnya lagi, gangguan ini bisa berlangsung dalam jangka waktu lama hingga dewasa. Serta bisa meningkatkan risiko anak mengalami gangguan mental dan depresi.

Sebaiknya, Anda selalu menikmati momen menyusui dengan si kecil tanpa terganggu oleh kegiatan apapun. Saat bayi menyusui namun tidak kunjung tidur, And abisa menggunakan 3-5 menit untuk menatapnya hingga mengajaknya berbicara.

(Foto: firstcry parenting)

YesDok Ads