Bagaimana Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil?

October 31, 2019 | Claudia

Tidur merupakan waktu istirahat yang dibutuhkan oleh semua orang. Sayangnya dalam keadaan hamil, tidur pun akan menjadi kegiatan yang rumit. Anda harus berhati-hati terhadap posisi tidur Anda, sebab salah-salah malah bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ketika hamil, seorang wanita membawa beban tambahan dalam tubuhnya. Inilah yang membuat tubuhnya lebih cepat lelah sehingga dibutuhkan banyak istirahat. Tidur cukup 8 jam sehari sudah menjadi standar yang harus dipenuhi oleh siapapun, terlebih ibu hamil. Akan tetapi jika tidak menemukan posisi tidur yang benar, tidur tidak akan terasa nyaman. Ujung-ujungnya, kurang tidur menjadi masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil.

Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan beberapa masalah seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, penurunan tekanan darah atau meningkatnya tekanan darah, bahkan dengkuran.

Lalu untuk tetap mendapatkan tidur yang berkualitas, posisi tidur seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Jangan telentang

Saat perut tengah membesar, tidur dalam posisi telentang memang terdengar sangat mudah. Sayangnya, pada ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua masa kehamilan, tidak disarankan untuk tidur dalam posisi ini. Ini karena posisi tidur telentang dapat menekan pembuluh darah, yakni aorta dan vena cava inferior. Tekanan yang besar dapat menghambat peredaran darah ke tubuh ibu dan juga ke janin.

YesDok Ads

Menghadap kiri

Banyak ahli kesehatan yang setuju bahwa tidur dengan menghadap ke arah kiri merupakan posisi tidur terbaik untuk ibu hamil. Posisi tidur ini dapat meningkatkan aliran darah, baik yang menuju jantung, rahim, ginjal hingga janin. Inilah mengapa tidur dalam posisi menghadap ke arah kiri bahkan bisa membuat bayi dalam perut tidur dengan nyaman. Selain itu, tidur dengan posisi menghadap kiri dapat memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan limbah dari tubuh dengan cepat.

Gunakan bantal

Bantal bisa menjadi salah satu teman setia saat sedang hamil, karena dapat memberikan kenyamanan saat tidur. Jika Anda merasa sesak napas, atau napas terasa berat saat sedang tidur, Anda bisa meletakkan bantal di bawah sisi samping tubuh, sehingga dapat menaikkan posisi dada Anda. Anda juga dapat menggunakan bantal untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, letakkan saja bantal pada bagian samping perut atau di antara kedua tungkai atau lutut. Bahkan saat ini sudah tersedia juga bantal khusus ibu hamil yang dapat membuat tidur lebih nyaman.

(Foto: babycentre.co.uk)

YesDok Ads